PENGUMUMAN
Magang Dosen 2015

11 Dosen UNIMED Paparkan Hasil Magang Di Universitas Terbaik Dunia

Medan – Sebanyak 11 dosen Universitas Negeri Medan telah kembali ketanah air dengan hasil yang cukup membanggakan dari proses magang selama satu bulan di beberapa universitas terbaik dunia yang dilaksanakan pada November-Desember 2015. Pada Selasa, 29 Desember 2015 kesebelas dosen Unimed tersebut dikumpulkan kembali di ruang sidang A biro rektor untuk memaparkan hasil kegiatan akademik dalam magang di kampus tujuan mereka. Hadir dalam paparan hasil magang tersebut yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, dan seluruh Dekan dilingkungan Unimed. Hadir juga para dosen muda yang direncanakan akan mengikuti program yang sama di tahun 2016.

Kesebelas dosen Unimed tersebut adalah (1) Dr. Mahriyuni, M.Hum, (Dosen FBS) melaksanakan sabatical leave di Universite De La Rochelle Republique Francaise Prancis. (2) Dr. Tumiur Gultom, SP, MP, (Dosen FMIPA) sabatical leave di Chiba University Jepang. (3) Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si. M.Sc, (Dosen FIS) sabatical leave di University of Cologne Jerman. (4) Khairuddin, S.Si. M.Pd, (Dosen FMIPA). (5) Elvi Mailani, S.Si. M.Pd. (Dosen FIP). (6) Silvia Mariah Handayani, S.Pd. M.Pd, (Dosen FIP), mereka bertiga magang di Michigan State University (MSU) USA Amerika. (7) Jubaidah, S.Pd. M.Si, (Dosen FMIPA) magang di Waseda University Jepang, (8) Noviy Hasanah, S.Sos. M.Hum, (Dosen FIS), magang di University og Cologne Jerman. (9) Rini Selly, S.Pd. M.Sc, (Dosen FMIPA), magang di Yokohama National University Jepang. (10) Johannes Jefria Gultom, S.Pd. M.Hum, (Dosen FBS), (11) Pardomuan N.M. Sinambela, S.Pd. M.Pd, (Dosen FMIPA) mereka berdua magang di Murdoch University Australia.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed, kemudian kesebelas dosen yang telah melaksanakan magang tersebut secara bergantian memaparkan hasil kegiatan magang kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan utusan fakultas dilingkungan Unimed. Banyak hal yang berhasil mereka paparkan yakni terkait kegiatan pembimbingan dengan para profesor, proses pembelajaran, budaya akademik, rencana penelitian bersama, kerjasama kelembagaan dan lain sebagainya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan magang dosen Unimed di beberapa universitas terbaik dunia ini sesungguhnya merupakan rintisan sejak tahun 2009 dalam mewujudkan Kampus Unimed menuju world class university. Setiap tahun kita kirim dosen Unimed untuk magang dan diharapkan semua dosen muda Unimed dapat melanjutkan studi S3 ke universitas terbaik di luar negeri. Unimed sejak lama hingga sekarang juga memiliki program golden generation yakni bagi dosen muda usia dibawah 40 tahun harus melanjutkan studi S3 keluar negeri. Program seperti ini akan kita terus lanjutkan dengan beberapa perbaikn untuk efektivitas proses sehingga sesuai dengan harapan yang kita ingin capai. Salah satu tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM dosen sehingga akan berdampak positif bagi kualitas lulusan Unimed. Serta hasil dari kegiatan magang dosen kita ini menghasilkan banyak informasi untuk perbaikan kampus Unimed yang kita cintai ini untuk terus berprestasi dan maju.

Lanjut Prof. Syawal, hasil dari magang ini juga dapat mendukung standar lulusan Unimed harus global. Dosen Unimed dapat memberi perkuliahan dan melakukan penelitian bersama dengan para dosen di universitas terbaik dunia. Selain itu juga akan meningkatkan kualitas dosen dalam menghasilkan karya tulis yang dapat dipublikasikan ditingkat internasional. Saya juga berharap dimasing-masing fakultas para dosen yang telah magang ini dapat diberi waktu untuk memaparkan ulang dihadapan para dosen agar dapat menginspirasi semua dosen Unimed agar dapat terus berbuat dan melakukan yang terbaik untuk lebih produktif dan inovatif dalam bidng pengajaran dan penelitian.

Saya juga sangat bersyukur, karena dari hasil magang ini telah berhasil menjalin komunikasi baik dengan pimpinan universitas tujuan para dosen melakukan magang. Di tahun 2016 kita akan melakukan MoU dengan beberapa universitas terbaik dunia dan kita dapat tawaran yang sangat membanggakan civitas Unimed yakni membuka program double degree S2 Bahasa Prancis dengan University De La Rochelle Prancis. Semoga kabar baik ini dapat kita wujudkan di tahun 2016 nanti, karena saya yakin jika kita sungguh-sungguh dan punya komitmen tinggi, pasti ada jalan untuk mencapai harapan baik tersebut.

Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan magang dosen ke universitas terbaik dunia ini merupakan satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kemajuan Unimed menuju kampus yang dikenal dunia. Kami berkeinginan kegiatan ini dapat terus kita laksanakan secara berkelanjutnya, karena dampaknya sangat positif. Kegiatan magang dan rencana melakukan penelitian bersama dengan kampus terbik dunia ini juga menjadi jalan kita Unimed dapat menjalin kerjasama dengan universitas terbaik dunia dalam melakukan kegiatan bersama dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu kegiatan ini dapat memacu dosen untuk studi lanjut S3 ke luar negeri, meningkatkan publikasi ilmiah dosen ditingkat internasional dan meningkatkan akreditasi institusi dan prodi. Semoga Unimed akan terus dikenal dunia dengan segudang prestasi bidang akademik semua civitas Unimed menuju world class university. (Humas Unimed).