PENGUMUMAN
unimed

4 Program Doktor UNIMED Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Medan (Unimed) – Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Doktor pada 4 Program Studi yakni 1). Pendidikan Kimia, 2). Pendidikan Dasar, 3). Teknologi Pendidikan, dan 4). Linguistik Terapan Bahasa Inggris. Pendaftaran mulai dibuka pada 7 November sampai dengan 10 Desember 2016. Lokasi pendaftarannya di Gedung Pascasarjana Unimed Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate Kampus Unimed, kontak person Vivi ; 085372755163, dan Jerry ; 085270856595. Tes tertulis dilaksanakan pada 17 Desember 2016, pengumuman hasil dapat dilihat pada 22 Desember 2016 melalui website PPs Unimed. Sedangkan registrasi ulang akan dilakukan pada 4-15 Januari 2017 dan awal perkuliahan akan dimulai pada 23 Januari 2017.  Informasi lengkapnya bisa dilihat pada http://pps.unimed.ac.id.

Materi tes ujian masuk diantaranya ; 1). Tes potensi akademik, 2). Tes kemampuan bahasa inggris, 3). Interview (khusus program linguistik terapan bahasa inggris), 4). Wawancara motivasi dan presentasi rencana awal proposal disertasi (format powerpoint).

Persyaratan calon mahasiswa Program Doktor yaitu : 1). Calon mahasiswa memiliki ijazah S2 yang sesuai dan serumpun dengan bidang studi yang akan diikuti, 2). Apabila bidang studi calon mahasiswa berbeda dengan program studi setelah dinyatakan lulus, mahasiswa tersebut wajib mengikuti mata kuliah penyertaan/matrikulasi, 3). Memiliki IPK minimal 3.00 (skala 4), 4). Membuat rencana awal proposal dalam bahasa Indonesia yang meliputi ; latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kajian teori, kerangka berpikir, dan metodologi penelitian, dengan ketentuan ; minimal 8 halaman, kertas A4, spasi 1,5, font times new roman 12, 5). Mendapat surat rekomendasi dari 2 orang ahli (Guru Besar/pimpinan).

Prosedur pendaftarannya adalah : 1). Menyiapkan seluruh berkas yang diperlukan (surat rekomendasi, scan ijazah dan transkrip nilai S1 dan S2 maks 1MB berformat pdf, file pas foto berpakaian rapi maks 200kb dan berformat jpg). 2). Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta) melalui bank BNI-46 di seluruh cabang. 3). Pelamar akan memperoleh KAP (kode akses pendaftaran) dan PAP (pin akses pendaftaran) yang tercetak pada kwitansi bukti pembayaran yang diterima dari pihak bank BNI. 4). Pelamar login ke laman http://pps.unimed.ac.id, pilih menu pendaftaran. 5). Pelamar melengkapi isian formulir pendaftaran online. 6). Pelamar mengunggah pas foto berpakaian rapi dan sopan, ijazah dan transkrip nilai, surat rekomendasi (file sesuai ketentuan). 7). Pelamar mencetak kartu tanda peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru PPs Unimed. 8). Mengikuti ujian tertulis dan wawancara sesuai jadwal yang tertera pada kartu peserta seleksi.

Biaya pendidikan Program Doktor diantaranya : 1). SPP semester 1 s.d IV Rp. 12.000.000,-/semester, selanjutnya semester V dan seterusnya Rp. 6.000.000,-/semester. 2). Biaya kelengkapan dan registrasi ulang Rp. 2.000.000,- dan 3). Dana penyertaan mandiri Rp. 7.500.000,-. Sedangkan untuk biaya bimbingan, seminar dan ujian dapat dilihat di website http://pps.unimed.ac.id, atau dapat langsung dilihat di kantor PPs Unimed.

Pimpinan PPs Unimed : Direktur Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, Wakil Direktur I Prof. Dr. Sahyar, MS, MM, Wakil Direktur II Prof. Dr. Busmin Gurning, M.Pd, sedangkan Ketua Prodi Doktor Pendidikan Kimia Prof. Dr. Albinus Silalahi, MS, Ketua Prodi Doktor  Pendidikan Dasar Prof. Dr. Mara Bangun Harahap, MS, Ketua Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Prof. Dr. Abdul Hasan Saragih, M.Pd, dan Ketua Prodi Doktor LTBI Prof. Amrin Saragih, MA, Ph.D.

Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd, dikantornya menyampaikan kepada beberapa media, kita PPs Unimed sejak 7 November 2016 telah resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru pada 4 program doktor yang telah disetujui oleh Menristekdikti untuk mulai proses perkuliahan. Pimpinan Unimed telah meyetujui dimulainya pendaftaran mahasiswa baru ini. Melalui berbagai sumber kami undang para akademisi dan praktisi untuk segera mendaftar mengukuti proses seleksi agar menjadi mahasiswa baru Unimed pada 4 program doktor tersebut. Secara internal kita telah siap melaksanakan proses perkuliahan yang baik, karena prasarana belajar, SDM dosen dan kurikulum telah kita siapkan secara matang. Semoga masyarakat luas dapat menyahuti informasi pendaftaran ini untuk mendaftar dan juga menyampaikan kepada kolega dan sejawat agar bersama-sama untuk mengikuti tahapan proses pendaftaran. (Humas Unimed).