PENGUMUMAN
Akreditasi Unimed Meningkat

Akreditasi Institusi UNIMED Meningkat Ke-B

Suatu kabar yang membahagiakan dan membanggakan bagi seluruh Civitas Akademika Universitas Negeri Medan dengan telah keluarnya Surat Keputusan Akreditasi Institusi Unimed dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada hari Jum’at, 19 September 2014 dengan Nilai “ B “ (baik). Proses Akreditasi Institusi Unimed yang telah dilaksanakan oleh BAN-PT pada 11-13 Juli 2014, dengan Tim Assesor melakukan visitasi assesmen lapang ke Unimed adalah Prof. Dr. Ir. Moh. Nasikin, M. Eng (UI), Prof. Dr. Budu, Ph. D, Sp. M (UNHAS), Prof. Dr. Azwar Ananda, MA (UNP) dan Prof. Dr. Sugiyono (UNJ). Suatu proses yang panjang telah dilakukan oleh pimpinan Unimed dan tim SPMI dalam merencanakan, menyusun seluruh dokumen borang dan pendukungnya serta persiapan visitasi yang cukup melelahkan seluruh civitas akademika Unimed. Namun Alhamdulillah dengan bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa hasil yang diraih meningkat menjadi Nilai Akreditasi Institusi Unimed menjadi “B”.

Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, mengatakan dengan keluarnya Surat Keputusan dari BAN-PT di Jakarta, maka telah syah Institusi Unimed Meraih Nilai “B”, yang sebelumnya dengan nilai “C”. Ini semua sungguh hasil dari kerja keras seluruh Pimpinan, Tim taskforce Institusi dan seluruh civitas akademika Unimed, karena telah bekerja sama bahu membahu dan bertanggungjawab terhadap tugas masing-masing, sehingga telah menghantarkan Unimed meraih nilai akreditasi institusi menjadi B. Kita semua civitas akademika Unimed harus bersyukur dan bangga karena kerja keras yang telah kita laksanakan telah mengangkat akreditasi institusi Unimed menjadi B. Kita semua civitas akademika Unimed harus lebih berpikir maju kedepan dan bekerja keras lagi agar lima tahun kedepan akreditasi institusi Unimed bisa meraih A. Tidak ada hal yang tak mungkin kita raih jika kita terus bekerja sama dan giat bekerja keras, pasti bisa menghantarkan Unimed meraih akreditasi institusi menjadi A. Semoga dengan raihan nilai akreditasi institusi Unimed ini meningkat menjadi B, akan membawa keberkahan dan kemajuan Unimed dalam mencapai visi dan misi yang telah dicanangkan bersama yakni menjadi Universitas yang Unggul dalam bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya.

Lanjut rektor Unimed Prof. Ibnu Hajar bahwa saya dan semua pimpinan Unimed telah mengambil kebijakan yang mendukung tercapainya nilai akreditasi institusi Unimed ini yakni memberdayakan dan berbasis program studi dalam semua kegiatan, serta mencanangkan peningkatan akreditasi semua program studi dilingkungan Unimed menjadi meningkat, program studi yang telah meraih akreditasi B harus menjadi A, sedangkan yang akreditasinya masih C harus meningkat menjadi B. Dari realitas yang ada, alhamdulillah semua program studi dilingkungan Unimed telah meningkat nilai akreditasinya sesuai harapan bersama.

Kita ketahui bersama bahwa pemerintah Indonesia telah mengambil kebijakan dan akan diikuti oleh lembaga swasta lainnya yakni nilai akreditasi institusi dan akreditasi program studi menjadi satu acuan dalam setiap penerimaan pegawai negeri dan pegawai honor. Serta pendanaan dalam program-program hibah pemerintahan juga telah berbasis nilai akreditasi institusi perguruan tinggi. Semoga kabar baik yang membanggakan ini akan membawa seluruh civitas akademika Unimed untuk terus berkarya dan berkreativitas dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga akan menghantarkan Unimed menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, Jaya dan Lebih Baik. (Humas Unimed).