PENGUMUMAN
Amien Rais

Amien Rais Memberikan Kuliah Umum Tentang Kebangsaan Di Unimed

Prof. Dr. Amien Rais hadir ikut meramaikan di acara Dies Natalis Unimed ke-48 di kampus hijau Unimed. Amin Rais memberikan kuliah umum tentang Kebangsaan dihadapan pimpinan Unimed dan ratusan mahasiswa, acara itu dilaksanakan di aula Perpustakaan Digital Unimed pada hari senin, 9 desember 2013. Amien Rais memberikan penegasan dalam kuliah umumnya : “Indonesia terpuruk karena tidak mampu mengelola sumber daya alam (SDA).“Wajar kondisi negeri kita begini, karena bangsa ini bangga SDA-nya dikelola pihak asing,”.

Berbicara di hadapan 500 mahasiswa Unimed, Amien Rais mengatakan, sebagai pembenaran, pemerintah selalu menyampaikan alasan klasik yakni biaya eksploitasi dan produksi lebih murah bila dikelola pihak asing, disamping kemampuan sumber daya manusia (SDM) Indonesia masih rendah.

Padahal, lanjut Amien Rais, anak bangsa ini punya kemampuan mengelola SDA sendiri. Tetapi regulasi yang dibuat belum berpihak kepada anak-anak bangsa yang mempunyai kemampuan untuk itu. Pada bagian lain, Amien Rais menyoroti mentalitas inlander (bangsa pribumi yang tidak memiliki rasa percaya diri) di negeri ini. Mental ini tidak hanya mewabah di kalangan rakyat bawah,tapi juga dialami para pemimpin dan elite politik. “Kalau yang terserang mental inlander itu rakyat kecil, maka mereka akan terkagum-kagum kepada bule (orang asing) dan ketagihan nonton sinetron Indonesia.

Tapi, kalau yang terserang penyakit mental inlander ini adalah elite politik, sosial, ekonomi,intelektual agamawan dan elite-elite yang lain, maka celakalah bangsa kita,” katanya Amien Rais berharap, ke depan akan lahir pemimpin nasional yang mempunyai keberanian untuk keluar dari tekanan pihak asing yang ingin menguasai SDA Indonesia dengan berbagaicara.

“Keberanian ini dibutuhkan untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang berdaulat dan bangsa yang mandiri,” tegasnya. Sementara itu, Humas Unimed Tappil Rambe mengatakan, Amien Rais hadir menyampaikan kuliah umum sebagai bagian dari rangkaian dari Dies Natalis ke-48 Unimed.