PENGUMUMAN
Anniversary 4th Digilib

Anniversary 4th Digital Library Unimed, Luncurkan Mobile Apps Digilib

Medan – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Anniversary 4th Digital Library Universitas Negeri Medan yang akan dilaksanakan pada 28-30 November 2017 di Gedung Perpustakaan Unimed, berbagai kegiatan akan dilaksanakan, diantaranya : gebyar buku murah yang diikuti berbagai penerbit dan tokoh buku, pagelaran musik akustik, Launching Mobile Apps Digilib yang pertama di Indonesia, Seminar Perpustakaan dengan tema “Strategi Publikasi Ilmiah Bereputasi” dan Lucky Draw.

Rangkaian kegiatan Aniversery 4th Digilital Library Unimed digelar setiap tahunnya dengan bentuk dan pola yang terus berubah menyesuaikan dengan kebutuhan dan membantu kemudahan bagi pengguna layanan perpustakaan Unimed.

Perpustakaan Unimed merupakan perpustakaan modern berbasis digital yang merupakan perpustakaan percontohan di Indonesia, karena hampir setiap tahun banyak dari berbagai perguruan tinggi dan masyarakat luas berkunjung dan belajar di Digital Library Unimed. Perpustakaan Unimed telah berjalan selama 3 tahun sebagai Perpustakaan Terakreditasi “A” dari Perpustakaan Nasional Jakarta.

Kepala Perpustakaan Unimed Tessa Simahate, S.Sos. M.I.Kom mengatakan tahun 2017 ini kita Perpustakaan Unimed menggelar kegiatan Aniversery 4th Digital Library dengan berbagai kegiatan yang tujuan dapat mendekatkan pengguna dan memberikan pelayanan terbaik. Salah satu pelayanan terbaik yang akan di launching dalam kegiatan ini adalah Mobile Apps Digilib, sebuah layanan digital berbasis mobille. Melalui aplikasi ini, seluruh pengguna warga civitas Unimed akan lebih mudah mengakses berbagai layanan perpustakaan yang kita miliki. Para pengguna akan mendapatkan kemudahan dalam membaca jurnal ilmiah, e-book dan bentuk layanan lainnya yang telah dilanggan oleh perpustakaan Unimed.

Lanjut Tessa, selain itu kami akan laksanakan Seminar Perpustakaan dengan tema “Strategi Publikasi Ilmiah Bereputasi” dengan menghadirkan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, (Rektor Unimed) dan pakar publikasi ilmiah yang juga sebagai reviewer Jurnal Ilmiah Nasional Dr. Lukman, ST, M. Hum, (Developer Aplikasi SINTA RISTEKDIKTI). Seminar ini juga kita hadirkan agar kami perpustakaan Unimed ikut berpastisipasi dalam peningkatan publikasi ilmiah dosen Unimed. Kami berharap dosen Unimed dapat memanfaatkan seluruh bentuk layanan digital library dalam peningkatan publikasi ilmiah bereputasi.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutan dan paparannya mengucapkan selamat Aniverserry 4th Digital Library, semoga bisa terus berbuat yang terbaik untuk civitas Unimed. Kemudian beliau melanjutkan, Digital Library Unimed harus terus berbenah dan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada warga civitas Unimed dalam memanfaatkan seluruh fasilitas layanan yang ada. Perpustakaan itu jantungnya sebuah perguruan tinggi, tanpa perpustakaan, Unimed tidak akan menjadi universitas yang unggul yang telah kita capai saat ini. Atas dasar itu, kita harus dorong agar digital library Unimed terus memberikan pelayanan terbaik dan dapat melengkapi fasilitas, serta layanan yang belum ada. kita harus terus belajar dari perpustakaan terbaik di Indonesia ini dan perpustakaan terbaik dunia.

Lanjut Prof. Syawal, saya senang hari ini, karena digital library telah meluncurkan mobile apps digilib, sebagai fasilitas baru untuk mempermudah dosen dan mahasiswa mengakses layanan yang dimiliki digital library. Semoga fasilitas ini akan mendorong civitas Unimed untuk terus belajar dan belajar untuk menambah kompetensi diri dan skill yang kita harapkan berdampak pada proses belajar di kelas. Sehingga pada akhirnya akan mendukung dalam melahirkan lulusan yang unggul, bermutu dan memiliki karakter mulia saat berbaur di masyarakat nantinya. (Humas Unimed).