PENGUMUMAN
Dimensi Koruptif Kebijakan Pejabat Publik

Asisten Khusus KEJAGUNG RI Bedah Buku Di UNIMED

Medan (Unimed) – Asisten Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia Dr. H. Asep Nana Mulyana, M.Hum, hadir ke kampus hijau Unimed dalam rangka menggelar Bedah Buku karya beliau yang berjudul “Dimensi Koruptif Kebijakan (Pejabat) Publik”. Bedah buku yang digelar di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed pada 9 November 2016 ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, beserta seluruh pimpinan dari Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Wakil Dekan. Sebagai pesertanya yakni para dosen dan ratusan mahasiswa Unimed. Sedangkan sebagai narasumber pembedah Dr. Reh Bungara Parangin-agin, M.Hum, Mazda El Mumtaz, M.Hum, dan moderator Arif Wahyudi, MH.

Acara bedah buku berlangsung cukup hidup, karena banyak kritikan tajam yang membangun dari narasumber pembanding dan peserta yang hadir. Dalam kegiatan ini juga diungkapkan oleh narasumber terkait berbagai persoalan hukum yang saat ini terjadi baik dari sudut teoritis maupun dalam praktik penegakan hukum.

Prof. Dr. Syawal Gultom, dalam arahannya mengatakan, ucapan terima kasih dan rasa bangga karena telah dipercaya oleh Bapak Dr. Asep N. Mulyana menjadi tempat digelarnya bedah buku. Kegiatan ilmiah ini kita harapkan akan mendorong lahirnya pemahaman baru terhadap wawasan hukum bagi civitas Unimed. Kampus Unimed secara berturut-turut dipercaya sebagai pelaksana kuliah umum “pencegahan dan pemberantasan korupsi’ yang digelar Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung RI dan hari ini dilakukan gelar bedah buku “dimensi koruptif kebijakan (pajabat) publik” karya Asisten Khusus Kejaksaan Agung RI. Semoga kegiatan yang sarat ilmiah ini akan terus mendorong semangat Unimed membentuk fakultas hukum di tahun 2017.

Rektor Unimed 2

Prof. Syawal Gultom, juga ikut memberikan gagasannya terhadap analisis buku tersebut, yakni “kita salut dengan Bapak Dr. Asep N. Mulyana yang telah menghasilkan karya ilmiah buku dengan judul “Dimensi Koruptif Kebijakan (Pejabat) Publik” yang beliau tulis cukup mengglitik para pembaca, karena bahasanya lugas, didukung uraian fakta dan data yang menguatkan”. Siapapun yang membaca karya ini pasti akan tertantang untuk menuntaskannya”.

Dr. Asep. N. Mulyana dalam paparanya mengungkapkan, buku ini saya tulis ditengah kesibukan-kesibukan dalam menjalan tugas sebagai jaksa. Saya berupaya menulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Namun masukan dan kritikan untuk perbaikan akan terus saya lakukan, seperti contoh kegiatan bedah buku ini bersama civitas Unimed. Walau buku ini telah dicetak lebih dari 4000 eks, juga masih banyak permintaan toko buku untuk dicetak ulang. Saya tetap akan berusaha memperbaiki untuk menjadi buku referensi ilmiah yang baik. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor Unimed dan narasumber pembedah Dr. Reh Bungara dan Mazda El Mumtaz yang luar biasa masukannya.

Dr. Asep. N. Mulyana, selain membedah isi buku karya, juga memaparkan materi terkait dengan pembuatan surat dakwaan, requisitoir, prosedur dan berbagai teknik dalam penanganan perkara tindak pindana. Beliau tutup dengan harapan agar Unimed tahun depan bisa buka Fakultas Hukum dan beliau siap menjadi dosen tamu. (Humas Unimed).