PENGUMUMAN
Science dand Science Education

Asosiasi Forum FMIPA LPTK Se-Indonesia Bertemu di Medan, Dirangkai Seminar Internasional “Trends in Science and Science Education”

MedanFMIPA Unimed diamanahkan oleh Asosiasi Forum Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) LPTK Se-Indonesia dalam menggelar pertemuan tahunan untuk merembukkan berbagai kebijakan pemerintah dan perkembangan ilmu pengetahuan MIPA terkini. Pertemuan asosiasi digelar pada 7-8 Oktober 2016 di Hotel Garuda Plaza Medan ini dihadiri oleh seluruh FMIPA yang ada di perguruan tinggi dibawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pertemuan asosiasi nasional ini dirangkai Seminar Internasional dengan tema : “Trends in Science and Science Education” sebagai forum ilmiah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan keilmuan dosen dan mahasiswa. Kegiatan di dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, turut hadir juga Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis,M.Pd, Turut hadir semua Dekan dan Direktur PPs dilingkungan Unimed, seluruh fungsionaris dilingkungan FMIPA Unimed, ratusan dosen dan mahasiswa dari internal Unimed dan ratusan peserta dari dalam dan luar negeri.

Pembicara Utama : Prof. Dr Syawal Gultom, M.Pd, (Rektor Unimed, Profesor Pendidikan Matematika).  Pembicara tamu : 1) Prof. Dr. Janchai Yingprayoon (Dosen Prodi Pendidikan Matematika di International College Suan Sunandha Rajabhat University Thailand), 2) Dee-Jean ONG (Ms. DJ.) (Dosen dari R.E.A.L. Education Group Malaysia), 3) Dr. Mohd. Sazali Khalid (Dosen Ilmu Komputer dan TI di Universitas Tun Hussein Onn Malaysia), 4) Rabeta bt. Mohd. Salleh, Ph.D (Dosen Teknologi Pangan Industri Universitas Sains Malaysia), 5) Dr. Lee Yew Jin (Dosen Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pendidikan (NSSE) di National Institute of Education (NIE) Singapura.

Dekan

Topik yang dibahas diseminar internasional ini yakni : a) semua bidang kajian matematika dan aplikasinya, termasuk ilmu komputer dan statistik. b) semua bidang kajian kimia dan aplikasinya, termasuk ilmu material, produk alami, kimia obat. c) semua bidang kajian biologi, termasuk biologi molekuler, ilmu pengendapan dan fisiologi. d) semua bidang kajian fisika dan aplikasinya, termasuk robot, biofisika, fisika nuklir. f) serta semua bidang kajian pendidikan ilmu di atas.

Tujuan dari The 3rd AISTSSE 2016 adalah untuk menyediakan platform bagi pendidik, administrator, manajer, pemimpin, pembuat kebijakan, peneliti, akademisi, kepala sekolah, pengawas, mahasiswa pascasarjana, praktisi, profesional dan guru dari ilmu pengetahuan (matematika, fisika, kimia dan biologi) dan ilmu pendidikan yang akan menyajikan dan membahas hasil penelitian, perkembangan sains dan inovasi di bidang pendidikan. Dengan memberikan kesempatan bagi para delegasi untuk bertukar ide-ide baru dan pengalaman aplikasi, dalam membangun usaha dan kerjasama dalam berbagai penelitian terkait.

Syawal Gultom

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutan dipembukaan mengatakan, forum ilmiah seminar internasional ini harus kita galakkan di Unimed, karena dengan gelar seminar internasional semua disiplin ilmu yang kita kembangkan akan mendapatkan banyak masukkan pengetahuan baru atau trend ilmu terbarukan di dunia. Terkadang dengan kesibukan rutinitas akademik dikampus, kita melupakan dan menyediakan forum-forum seperti ini sebagai media revolusi perubahan trend pengetahuan terbarukan sekarang. Melalui seminar internasional ini kita akan terus menggalakkan penggunaan hasil-hasil penelitian terbaru dibidang kajian yang ada di kampus sebagai media tugas mahasiswa dalam perkuliahan. Mari kita bangkitkan sikap ilmiah dan inovasi-inovasi dalam memajukan Unimed menjadi kampus yang maju dan terus berprestasi.

Saya juga berharap melalui seminar ini akan melahirkan pendidik yang profesional dibidang sains matematika, fisika, kimia, biologi dan pendidikannya, serta dapat melatih sikap, keterampilan dan budaya ilmiah yang produktif. Sehingga peserta akan terdorong dirinya dalam menguatkan komitmen untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan menggali trend ilmu terbarukan, ujar Prof. Syawal.

Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, “seminar internasional yang digelar oleh civitas FMIPA tahun ini merupakan wujud keberhasilan yang pertama (2014) dan kedua (2015), karena keduanya sangat diminati oleh para ilmuwan dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa peserta dari luar negeri. Atas dasar itu, kita gelar kembali ketiga yang lebih sistematis dengan kajian kekinian terhadap perkembangan terbarukan dalam kajian matematika, fisika, kimia, dan biologi, serta bidang pendidikannya. Seminar ini menekankan pada tren terbaru dalam penelitian keempat bidang kajian diatas dan ilmu pendidikan, kita telah mengundang para peneliti dari dalam dan luar Indonesia untuk menyajikan penemuan terbaru mereka dalam forum ilmiah ini. Melalui seminar ini diharapkan akan terjalin penguatan kebersamaan dalam ranah pengembangan ilmu pengetahuan dan menjadi media tukar pikiran dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Semoga seminar internasional ini menjadi pendorong semangat dan motivasi para ilmuwan dalam mengembangkan  kompetensi diri untuk kemajuan civitas FMIPA Unimed dan tergalinya pengetahuan trand terbaru. (Humas Unimed).