PENGUMUMAN
BIPA

Asosiasi Profesi BIPA Dilantik Di Kampus UNIMED

MEDAN (Unimed) – Pelantikan Pengurus Afiliasi Pengajar dan Penggiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Sumatera Utara Periode 2017-2021 di Lt. IV Digital Library Unimed (14/9). Pelantikan tersebut dilantik langsung oleh Ketua APPBIPA Pusat Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd dan Cabang Luar Negeri yang sudah ada ti Thailand, Jerman dan Jepang yang akan dilantik pada november mendatang.

Turut hadir Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd.,Wakil Dekan I FBS Dr. Wahyu Triatmojo, M.Hum., dan Seluruh Pengurus APPBIPA Cabang Sumatera Utara yang dilantik.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, mengatakan akan dilakukan pelatihan BIPA bulan november mendatang, semoga menghasilkan yang terbaik untuk pengembangan pengajar BIPA di Sumatera Utara. Sekaligus dapat mengundang para turis asing untuk belajar bahasa Indonesia di Medan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. sangat mengapresiasi dan mendukung pelantikan APPBIPA. Para pengurus merupakan orang-orang pilihan terbaik. Beliau juga mengusulkan kepada pengurus APPBIPA yang baru dilantik untuk mengeksplorasi budaya lokal Sumatera Utara dan menjadikan satu kontennya dalam pengajarkan BIPA. Belajar dari pengalaman saya di Cina bersama beberapa pimpinan PTN, orang Cina yang memandu kita sungguh paham betul dan sangat detil menjelaskan budaya mereka ke kita. Jadi dalam pembelajaran BIPA bagi orang asing dimasukkan konten budaya, pasti akan lebih bernilai jual karena budaya Indonesia itu sangat diminati oleh orang asing.

Memasukkan konten muatan budaya lokal kedalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, menjadi tantangan baru pagi kita, karena tujuan orang asing ke Indonesia karena kita kaya akan aneka ragam budaya. Mudah-mudahan APPBIPA cabang SUMUT berpotensi untuk mengembangkan budaya lokal Sumatera Utara melalui bahasa Indonesia dikancah Internasional.

Ketua Pusat APPBIPA Dr. Liliyana Muliastuti, M.Pd. mengatakan sejak tahun 2009, pemerintah menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional. Kita sering kali lupa bahkan lebih bangga menggunakan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, padahal kita tinggal dan hidup di Indonesia. Kiprah APPBIPA dalam membantu pemerintah mewujudkan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional, dengan menetapkan kurikulum bahasa Indonesia yang berstandart Internasional dari level a1 sampai c2. Dan mendorong pemerintah untuk mewajibkan tenaga kerja asing, bahkan menjadi prasyarat masuk kerja dan menggunakan bahasa Indonesia disetiap aktivitasnya. Pengurus APPBIPA sudah ada di 4 negara asing yakni di Thailand, Australia, Inggris dan Jerman.

Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd, terpilih menjadi Ketua APPBIPA Cabang Sumatera Utara. Beliau menyampaikan akan melakukan penelitian bahasa bermuatan lokal sesuai saran dari pimpinan. “Kami berupaya untuk melakukan berbagai penelitian bahasa mengenai budaya sebagai wujud kearifan lokal, khususnya di Sumatera Utara. Kami juga mengajak kepada Rektor PTN dan PTS yang ada di Sumatera Utara untuk bekerjasama mengembangkan bahasa Indonesia,karena pengurus APPBIPA ini adalah dosen-dosen bahasa Indonesia yang bertugas diseluruh PTN dan PTS di Sumatera Utara, ujarnya saat pelantikan. (Humas Unimed).