PENGUMUMAN
Biology Exhibition

Biologi Exibition UNIMED; Ajang Nyata Kreasi & Inovasi Mahasiswa

MEDAN (Unimed) – Jurusan Biologi FMIPA UNIMED kembali menggelar acara Biologi Exibition ke-3 Tahun 2017 ini mengangkat tema “ mewujudkan generasi kreatif dan inovatif melalui penelitian dan pendidikan”. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian civitas Jurusan Biologi terhadap perkembangan ilmu biologi dan pengajarannya. Kegiatan Biologi Exhibition ini  menjadi ajang nyata kreasi dan inovasi mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi dan didukung full oleh seluruh civitas akademika FMIPA Unimed. Pelaksanaan gebyar ilmiah biology exhibition ini dilaksanakan pada selasa-jumat,  25-28 April 2017 di Gedung Serbaguna Unimed. Hadir dalam acara pembukaan yakni Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd, para wakil dekan, ketua jurusan, ketua program studi dan dosen dilingkungan FMIPA Unimed. Sedangkan penanggungjawab kegiatan adalah ketua jurusan Biologi Dr. Hasruddin, M.Pd.

Kegiatan Olimpiade Biologi untuk tingkat SMP dan SMA di ikuti oleh ratusan sekolah dari dalam dan luar daerah Sumatera Utara. Tercatat sebagai pendaftar yang ikut kegiatan ini ada 1600 peserta dan 42 tim siswa dan mahasiswa.

Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan luar biasa ini harus terus kita dorong dan dukung karena jika mahasiswa Unimed aktif melakukan berbagai kegiatan maka masyarakat luas akan terus mengenal bahwa mahasiswa Unimed itu tidak hanya cerdas pengetahuannya, tetapi cerdas juga dalam merancang kegiatan besar hingga sukses. Apalagi kegiatan Biology Exhibition berskala regional Sumatera Utara dan Nasional. Ini sungguh luar biasa, sungguh fenomenal, karena panitia telah mampu melibatkan seluruh alumni biologi Unimed untuk ikut berperan aktif dalam event besar ini. Saya sangat berharap untuk Olimpiade Biologi ini nantinya bisa menjadi acuan bagi peserta pemenang untuk ikut dalam olimpiade biologi pada tingkat nasional dan internasional. Panitia dan juri olimpiade biologi harus menjunjung tinggi prinsip objektivitas dalam proses nantinya, karena tentunya semua peserta untuk tingkat SMP dan SMA sederajat yang hadir dari seluruh provinsi Sumatera Utara memiliki keinginan yang sama yakni menjadi pemenang. Saya berharap semoga kegiatan ini terus akan kita laksanakan secara periodik dan juga dapat menambah wawasan serta kreativitas mahasiswa biologi dalam mendalami kajian analisis biologi dan menghasilkan temuan-temuan terbarukan. Semoga Biologi Unimed dapat lebih maju dalam melakukan kreasi-kreasi untuk pengembangan kajian biologi dan pengajaran bidang biologi.

Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd., juga menyampaikan sambutanya dan berharap kegiatan Biology Exhibition ini akan menjadi wadah untuk pengembangan wawasan keilmuwan dan mengkreasikan ilmu biologi dalam wujud nyata kegiatan akademik di kampus. Kita pimpinan FMIPA akan terus mendorong mahasiswa diberbagai jurusan yang ada untuk aktif menunjukkan kreativitasnya dalam bentuk kegiatan nyata. Saya berharap kegiatan ini akan dapat menginspirasi para siswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan biologi exhibition ini agar lebih mencintai dan mendalami ilmu biologi dalam kehidupannya. Kajian biologi merupakan modal unggul menguasai ilmu pengetahuan lainnya. Jalinlah komunikasi yang baik antara siswa dan mahasiswa dalam event ini, sehingga akan terbangunlah energi-energi positif untuk pengembangan ilmu pengetahuan kedepan.

Ketua Jurusan Biologi Dr. Hasruddin, M.Pd, mengatakan, kegiatan ini merupakan kreasi para mahasiswa biologi Unimed. Setelah mereka berdiskusi dan menyampaikannya kepada jurusan, kami pimpinan jurusan dan para dosen langsung menyambut baik ide cemerlang ini untuk segera diwujudkan dalam kegiatan nyata yang hari ini kita laksanakan. Saya berharap kegiatan Biology Exhibition ini dapat menjadi agenda fakultas atau universitas agar dapat kita laksanakan setiap tahunnya. Karena menurut saya kegiatan seperti ini sangat mendorong mahasiswa untuk lebih terampil dan tertempa kepribadiannya dalam merancang kegiatan yang produktif. Semoga gebyar biology exhibition ini dapat mendorong kita civitas akademika biologi Unimed untuk terus berkarya demi kemajuan biologi yang lebih berprestasi.

Ketua Senat Mahasiswa Unimed Juan Utama Batubara juda mengapresiasi kegiatan yang bagus dan meriah ini. Terlihat dari partisipasi banyak sekolah dari berbagai daerah dalam dan luar Sumatera Utara. Semoga adik-adik siswa SMA sederajat yang mengikuti even ini dapat menentukan dari sekarang setelah tamat mau melanjutkan studi ke kampus mana. Salah satu tawarannya adalah Unimed merupakan kampus terbaik untuk meniti karir sukses hidup ini.

Seluruh civitas akademika Unimed tentunya berharap melalui kegiatan ini, hendaknya pengetahuan dan skill para siswa dan mahasiswa akan terus berkembang. Menuju kesempurnaan dalam berpengetahuan yang mendorong tercapainya tujuan dan harapan sukses hidup di masa depan. (Humas Unimed).