PENGUMUMAN
Buka Puasa 1438

Buka Puasa Bersama Civitas UNIMED Penuh Kebersamaan

MEDAN (Unimed) – Universitas Negeri Medan pada Ramadhan ke-18 1438 H, bertepatan hari Selasa 13 Juni 2017 mengadakan kegiatan buka puasa bersama seluruh civitas Unimed di Biro Rektor Unimed dalam rangka meningkatkan hubungan silaturrahim dan kebersamaan untuk membangun Kampus Hijau Unimed. Hadir pada acara ini yakni Rektor Unimed Prof. Dr. H. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Guru Besar dan Senat Universitas, Kepala Biro, Wakil Direktur, Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Unit, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, Kepala Laboratorium, Ketua Dharma Wanita Persatuan Unimed Ibu Rasita Malades Syawal Gultom dan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilingkungan Unimed. Hadir sebagai penceramah yakni Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag.

Rektor Unimed Prof. H. Syawal Gultom, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan buka puasa bersama keluarga besar civitas Unimed ini kita lakukan setiap tahun. Harapan kita agar kegiatan ini terus menguatkan hubungan silaturrahim diantara kita sesama umat beragama yang merupakan keluara besar Unimed. Mari kita bangun kebersamaan dan komitmen dalam membangun Unimed menjadi kampus yang unggul, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Ibadah puasa yang kita laksanakan ini hendaknya tidak hanya membentuk kesalehan pribadi, akan tetapi harus mampu membentuk kesalehan sosial kita sebagai pribadi bertaqwa yang hidup bersosial dengan masyarakat luas.

Buka Puasa 1438 2

Lanjut Prof. Syawal Gultom, kekuatan silaturrahim antar civitas Unimed merupakan pendorong kita untuk lebih terpacu melakukan kegiatan terbaik dan bertanggungjawab atas tugas yang kita emban dalam memajukan Unimed menjadi kampus terbaik. Mudah-mudahan kegiatan kita bersama untuk lebih peduli antar sesama dan lembaga dimana kita beraktivitas dalam kegiatan akademik di kampus Unimed tercinta ini. Semoga kita semua keluarga besar Unimed diberikan kesehatan untuk terus berkarya dan berinovasi dalam memajukan kampus hijau Unimed.

Buka Puasa 1438 3

Ustadz Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag, dalam ceramahnya mengatakan, kegiatan buka puasa bersama keluarga besar civitas Unimed merupakan upaya perkuat ukhwah/persaudaraan dan silaturrahim antar sesama civitas Unimed. Sejalan dengan arahan pak rektor dalam sambutannya tadi. Apabila diantara kita mampu perkuat ukhwah dan silaturrahim, maka akan berpengaruh terhadap pembentukan diri pribadi kita agar terdorong untuk saling membantu dan bekerja sama dalam meraih harapan dan cita-cita untuk kemajuan kampus Unimed. Esensi kita melaksanakan ibadah adalah terbentuk diri kita menjadi manusia yang siap merealisasikan khalifah di bumi ini. Makna khalifah tidak sekedar pemimpin, akan tetapi membentuk diri kita untuk menjadi manusia terbaik dan bermanfaat bagi orang lain juga wujud dari kekhalifahan. Selain itu kita dapat bermanfaat baik bagi sekitar dalam hidup kita. Kampus Unimed saat ini menjadi kiblat bagi kampus-kampus di Sumatera Utara, karena hanya Unimed kampus yang telah terakresitasi A. Prestasi yang kita banggakan ini tentu kurang bermakna bagi masyarakat Sumatera Utara jika civitas Unimed tidak terus berkarya dan berbuat yang terbaik untuk kemajuan masyarakat Sumatera Utara, dan yang akan kita lakukan tersebut juga realisasi dari keislaman yang kita miliki.

Setelah mendengarkan ceramah agama yang disampaikan al-ustadz, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, kemudian shalat magrib berjamaah dan makan malam secara bersama-sama. Kebersamaan civitas dalam acara ini terbangun dengan penuh keakraban. (Humas Unimed).