PENGUMUMAN
Dies Natalis Antropologi

Dies Natalis Antropologi FIS UNIMED

MEDAN – Prodi Pendidikan Antropologi FIS Unimed menggelar Dies Natalis di depan pelataran Auditorium Unimed. Perayaan Dies Natalis ini menampilkan berbagai kegiatan kebudayaan pada rabu (17/5). Pagelaran tersebut mengangkat tema “membumikan sosiologi di dunia pendidikan”, kegiatan ini menarik perhatian ratusan pengunjung dari siswa dan mahasiswa yang yang hadir ke Universitas Negeri Medan. Pembukaan acara HUT Prodi Antropologi di buka oleh Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, para wakil dekan, fungsionaris, dosen dan mahasiswa Unimed, serta ratusan peserta lomba dari luar kampus.

Kegiatan diawali dengan pawai budaya dengan rute dari halaman auditorium sampai  gedung biro rektor untuk memberikan tepak kepada rektor sebagai tanda penghormatan. Dalam pembukaan di meriahkan berbagai penampilan oleh para pemenang lomba duta dongeng cilik dan pemeberian hadiah kepada para pemenang lomba baik duta membaca, duta dongeng cilik, olimpiade sosiologi dan pemenang lomba-lomba pada perayaan puncak ulang tahun antropologi. Kemudian ditampilkan penampilan setiap kelas yang memamerkan kekayaan kebudayaan Indonesia. Kegiatan lain adalah pameran kuliner yang dilakukan oleh setiap kelas dan dipertandingkan sesuai dengan baju adat yang dikenakan oleh angota perwakilan kelas dalam acara Fashion Show budaya.

Dies Natalis Antropologi 2Tujuan dari kegiatan ini yaitu membiasakan mahasiswa pendidikan antropologi untuk membudayakan membaca dan menghasilkan duta untuk menjalankan programnya sebagai duta membaca dan mengaplikasikannya dalam aktivitas akademik mahasiswa Pendidikan antropologi Unimed.

Perlombaan yang dipertandingkan adalah Duta Membaca Mahasiswa Antropologi yang dimenangkan oleh Firza Ramadhan (duna membaca pria) dan Argitha Aricyndi (duta membawa wanita). Olimpiade sosialogi yang diikuti oleh 200 sekolah dimenangkan oleh YPI Amir Hamzah (Juara I), SMA Al Azhar Meda (Juara II), SMA 14 Medan (Juara III), MAN 1 Medan (Harapan I) dan SMA N 1 STM Hilir (Harapan II). Lomba duta dongeng cilik dimenangkan oleh Raisi Mumtazah SD Panca Budi (Juara I), Hafiz San Jaya SD Negeri 106161 (Juara II), dan Shifa SD Panca Budi (Juara III). Kegiatan juga dirangkai dengan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Indonesia Modern melalui Pendidikan Antropologi dan Kebudayaan”, dengan menghadirkan narasumber : dr. Sofian Tan (Anggota DPR RI Komisi 10), Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, (Wakil Rektor IV), Prof. Dr. B.A. Simanjuntak (Culture Antropolog Leiden Universiteit), Prof. Dr. R. Hamdani Harahap, M.Si ( Ketua AAI Sumut ) dan Dr. Rosramadhana, M.Si ( Antropolog Unimed).

Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat dan sukses kepada Prodi Antropologi FIS Unimed yang hari ini menggelar berbagai perayaan guna menyemarakkan ulang tahun. Kami berdoa semoga Antropologi Unimed terus dapat berkarya dan berinovasi untuk memajukan Prodi menjadi lebih unggul dan maju. Serta dapat terus menjalin kerjasama dengan semua pihak guna mendukung kemajuan dalam mengejar prestasi yang membanggakan.

Sejalan dengan itu Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, juga menyampaikan agar Prodi Antropologi FIS Unimed terus bergandengan tangan dan saling kerjasama untuk kemajuan Prodi agar sejajar dengan Prodi Antropologi di universitas kelas dunia. Mari kita bangun bersama dengan membuka diri pada semua pihak, karena tanpa tingkatkan kerjasama kita sulit untuk menjadi besar dan maju. Semoga kemudahan dan kelancaran terus kita peroleh dalam menggapai kejayaan kedepan. (Humas Unimed).