PENGUMUMAN
LPDP

Direktur LPDP Dorong Dosen Unimed Studi Doktor Ke Luar Negeri

Unimed – Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP hadir khusus ke kampus Unimed dalam memberikan paparan terkait program-program LPDP. Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, ini dilaksanakan di ruang sidang B Biro Rektor Unimed. Langsung hadir sebagai narasumber yakni direktur LPDP Mokhamad Mahdum. Turut hadir semua Wakil Rektor Unimed, ketua jurusan dan ketua program studi dilingkungan Unimed, serta ratusan dosen muda Unimed yang potensial untuk studi lanjut program doktor keluar negeri dengan dana dari LPDP.

LPDP memiliki visi menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan. LPDP merupakan satu lembaga pengelola dana pendidikan dibawah kementerian keuangan republik Indonesia. Saat ini sudah ribuan masyarakat Indonesia yang menikmati dana LPDP sebagai bantuan beasiswa studi lanjut program magister dan doktor dalam dan luar negeri. Setidaknya ada 4 program atau layanan yang didanai dari LPDP yakni beasiswa, riset, rehabilitasi fasilitas pendidikan dan pengembangan dana. Sedangkan untuk program beasiswa ada beberapa layanan yakni ; beasiswa program magister/doktoral, tesis/disertasi, spesialis kedokteran, afirmasi (beasiswa khusus putra/putri dari daerah 3T), beasiswa presiden RI, dan beasiswa unggulan dosen Indonesia (BUDI).

Rektor Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya mengatakan, ucapan terima kasih atas kehadiran direktur LPDP dikampus hijau kami, semoga pertemuan ini dapat dimanfaat oleh ratusan dosen Unimed yang hadir sekaligus mendorong agar dapat berusaha mendapatkan dana beasiswa studi doktoral ke luar negeri dan mendapatkan dana riset. Kehadiran Bapak Mokhamad Mahdum ini sungguh sejalan dengan program Unimed yakni Golden Generation yang telah kita cangkan sejak 2008 hingga saat ini. Program ini mewajibkan para dosen muda Unimed yang berusia dibawah 40 tahun untuk studi doktoral ke luar negeri. Kita punya harapan besar bagi dosen muda Unimed untuk studi S3 ke luar negeri, agar mendukung terus dalam peningkatan kualitas dan kapasitas dosen Unimed. Kita ucapkan selamat kepada salah satu dosen Unimed sdr. Jubaidah yang tahun ini diterima program S3 di Jepang dengan dana LPDP. Saya sangat berharap para dosen muda Unimed segera mempersiapkan diri agar tahun depan bisa sukses melanjutkan studi doktoral di kampus luar negeri terbaik.

Mokhamad Mahdum, Direktur LPDP dalam paparannya, mengatakan sungguh tidaklah sulit mendapatkan bantuan beasiswa dana pendidikan atau riset dari LPDP, karena persyaratannya juga tidak sulit. Jika memenuhi persyaratan yang telah ditetap, pasti lulus, karena hampir setiap tahunnya kouta kita tidak terpenuhi. Sebenarnya persyaratannya ditujukan untuk kesuksesan calon penerima beasiswa, jika dana riset harus sesuatu tema yang ditentukan pemerintah. Paling utama untuk mendapatkan beasiswa dan dana riset dari LPDP adalah adanya kemauan dan kesungguhan. Dua nilai diri ini akan mendorong untuk berusaha secara maksimal dalam mempersiapkan segala persyaratan yang dipersyaratkan. Secara pribadi saya mendorong para dosen muda Unimed dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendanai studi lanjut doktoral. Beasiswa studi lanjut dari LPDP setiap tahun terus melakukan perbaikan layanan, salah satunya pencairan dana beasiswa tepat waktu perbulan, sehingga penerima tidak merasa khawatir menjalani sutdinya di luar negeri, karena dana beasiswanya sudah ada sama kita. Setiap penerima beasiswa, sebelum berangkat, sudah diplot dananya untuk yang bersangkutan hingga tamat, sehingga tidak akan mengalami keterlambatan dalam pencairan. (Humas Unimed).