PENGUMUMAN
HUT PPKN 2015

Dirgahayu PPKn UNIMED Ke-50 & Gebyar PPKn Se-Sumatera

Medan – Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-50 tahun, Jurusan Pendidikan Kewarganegraan (PKn) Universitas Negeri Medan menggelar serangkaian acara selama dua hari mulai dari Selasa-Rabu, 10-11 November 2015 di Pelataran dan dalam ruangan Gedung Auditorium Unimed.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua panitia, Muhammad Riza Auda Hutabarat, Ketua HMJ PKn, Yunus Hutabarat, Perwakilan Alumni, M. Taufiq Hidayah Tanjung, Ketua Jurusan PKn, Dr. Reh Bungana, Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd dan dibuka oleh Wakil Rektor III Unimed Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, turut hadir seluruh fungsionaris dilingkungan FIS Unimed, para dosen Jurusan PKn dan ratusan mahasiswa PKn Unimed.

Usai dibukanya rangkaian kegiatan, peringatan hari jadi PKn yang ke-50 tahun dilanjutkan dengan seminar pendidikan di Gedung Auditorium Unimed dengan tema “membangun etos kerja dalam dunia profesi dan pendidikan”, dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa, dosen, guru dan siswa SMA sederajat dari berbagai daerah di SUMUT. Seminar ini diisi oleh dua orang narasumber yakni tokoh pendidikan Sumatera Utara, Prof. Dr. Syaiful Sagala, M.Pd dan Ketua Forum Intelektual Muda Sumatera Utara, M. Nasir, M.Pd.

Ribuan orang yang menghadiri seminar terlihat antusias termasuk para mahasiswa PKn dan siswa/i dari sekolah-sekolah undangan yang dihadirkan untuk mengikuti sejumlah perlombaan seperti Orasi Politik, Cerdas Cermat dan Menulis Esai Ilmiah. Dengan memperebutkan berbagai hadiah yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Usai menggelar seminar pendidikan, rangkaian acara dilanjutkan dengan pelaksanaan sejumlah lomba yang berlangsung di Pelataran Auditorium Unimed, Lomba Orasi Politik; Ruang Laboratorium PKn, Lomba Essay Kebangsaan serta Ruang VIP Serbaguna Unimed, Lomba Cerdas Cermat. Selain itu diramaikan juga dengan berbagai penampilan tarian berbagai daerah, stand up comedy, persembahan lagu-lagu daerah dan nasional.

Beberapa sekolah yang turut berpartisipasi dalam rangkaian Dies Natalis PKn ke-50 tahun antara lain MAN 2 Model Medan, SMAN 1 Percut Sei Tuan, SMAN 1 Berastagi, SMAN 1 Lintongni Huta Humbang Hasundutan, SMAN 1 Pangururan Kab. Samosir, SMAN 3 Palembang dan SMAN 1 Pematang Siantar.

Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa kami pimpinan FIS mengucapkan Dirgahayu Jurusan PKn yang ke-50, semoga dapat terus berkarya demi nama baik FIS Unimed. Kami juga sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini karena telah menghadirkan banyak pihak dari internal dan luar kampus. Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah bagi civitas PKn FIS dalam meningkatkan kreativitas yang inovatif dalam menunjang ketercapaian berbagai prestasi yang membanggakan. Jika kita bersatu dan saling bahu-membahu dalam merelealisasikan visi, misi, dan tujuan yang telah kita canangkan, pastinya akan ada hasil yang dapat kita banggakan, yakni prestasi dan prestasi.

Sementara Wakil Rektor III Unimed Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, dalam arahannya mengucapkan selamat kepada civitas PKn FIS Unimed yang hari ini merayakan HUT ke 50. Semoga akan terus bergelora semangat pantang menyerah untuk melakukan yang terbaik di kampus hijau Unimed yang kita cintai ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi wadah terbangunnya kebersamaan dan kekompakan untuk mencapai prestasi yang kita harapkan. Saya berkeinginan para mahasiswa PKn FIS Unimed ini akan terus meningkatkan berbagai kreativitas karya-karya inovatif. (Humas Unimed).