PENGUMUMAN
IKA UNIMED

DIRJEN BELMAWA Lantik Ikatan Alumni UNIMED 2016-2020

Medan – Puluhan Alumni IKIP Medan/Universitas Negeri Medan dilantik menjadi pengurus Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan (IKA-Unimed) untuk masa periode tahun 2016-2020. Pelantikan sangat meriah dan hikmat ini dilaksanakan pada 18 Maret 2016 di Gedung Auditorium Unimed.

Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd, yang juga sebagai Kadis Pendidikan Kota Sibolga ini dilantik menjadi Ketua Umum IKA Unimed, Drs. Mardana Nainggolan sebagai Sekretaris Umum, dan Dra. Ellyn, M.Pd. sebagai Bendahara Umum. Beserta seluruh pengurus secara resmi dilantik Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof. Intan Ahmad, Ph.D, dan didampingi oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dan disaksikan oleh ribuan alumni serta tamu undangan. Didalam kepengurusan hari IKA Unimed periode kali ini ada perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, serta ada juga pengurus perwakilan dari manca negara. Diantara perwakilan Timur Tengah yakni Rustam Efendi, S.Pd. M.M, perwakilan Eropa Saur Delima Hutapea, S.Pd. perwakilan Australia dan New Zealand Budianto Tukimin, S.Pd. dan perwakilan Taiwan Joy Juli Great Simanjuntak, S.Pd.

Ketua Panitia Pelaksana Drs. Rahman Situmeang, M.Pd, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu secara moril dan material, sehingga terlaksananya kegiatan seminar nasional dan pelantikan IKA Unimed ini dengan sukses. Terima kasih kepada sponsor yakni PT. Inalum, Bank Mandiri. Bank BNI dan Telkomsel. Semoga kebersamaan ini akan terus kita jalin dengan baik.

Dalam sambutannya, Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd. mengatakan IKA Unimed akan menjadi wadah para alumni untuk memajukan dan memberikan masukan kepada kampus. Dalam IKA Unimed, beliau mengenalkan Slogan 3S (silaturahmi, sinergi, solusi). Dimulai dengan silahturahmi yaitu membangun, membuka jaringan, dan membuat data base alumni. Kemudian dilanjutkan dengan sinergi dengan melakukan kerjasama dan saling berkoordinasi dengan para alumni di daerah, dan memberikan solusi dan berpartisipasi untuk mengembangkan dan memajukan Unimed menjadi kampus yang maju dan berprestasi, maupun memajukan daerah masing-masing. Setelah pelantikan ini nantinya kita akan membuat program kerja, menyusun AD/ART dan menyusun langkah-langkah strategis kedepan.

Beliau juga menyampaikan kepada mahasiswa tentang kondisi kampus yang dialaminya dahulu sangat sederhana dan bersahaja, namun dengan kesederhanaan itu Unimed dapat menelurkan lulusan-lulusan Unimed yang membanggakan. Seperti halnya Bapak Prof. Syawal Gultom, salah satu alumni Unimed yang pernah menjabat menjadi pejabat ekselon satu di Kementerian Pendidikan Nasional. Mahasiswa diharapkan terus meningkatkan kompetensi diri dan terus berprestasi.

Sebelum pelantikan digelar Seminar Nasional yang berjudul “Membangun Negeri dari Sekolah melalui Profesionalisme Guru” yang disampaikan oleh Prof. Intan Ahmad, Ph.D. (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti RI). Beliau mengungkapkan bahwa negara akan cepat tumbuh dan berkembang secara pesat jika pendidikannya baik. Seperti halnya negara tetangga, Singapura dan Malaysia saat ini yang mengalami kemajuan pesat karena pembangunan pendidikannya dimulai dari dasar secara baik. Profesionalisme guru menjadi dasar utama tumbuh pesatnya suatu pendidikan. Pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Kemenristekdikti dan Kemendikbud sungguh sangat serius dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Pemerintah sudah merancang ulang agar unsur-unsur sekolah diperhatikan secara serius, terutama keseriusan dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi guru.

Rektor Unimed Prod. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, untuk mengetahui masa depan Indonesia 30-40 tahun mendatang kedepan, kita dapat melihat bagaimana pendidikan anak-anak negeri di sekolah saat ini. Sekolah merupakan sebuah lintas peradaban, tempat yang nyaman untuk berdiskusi, untuk mengeksplorasi kreativitas, mengembangkan akal pikiran, dan ilmu pengetahuan. Untuk itu dituntut profesionalisme serang guru sebagai seorang pendidik yang handal.

Lanjut beliau, Unimed setiap tahunnya menelurkan lulusan pendidik, kita terus meningkatkan kualitasnya. Saat ini Unimed eksis dalam membangun kerja sama dibidang pendidikan disemua kabupaten/kota, khususnya Sumatera Utara. Dengan adanya Ikatan Alumni Unimed ini kita akan memperkuat dan mengupdate perkembangan pendidikan di daerah, serta merancang bersama untuk memajukan negeri ini melalui profesionalisme guru. Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan komitmen tinggi para alumni untuk dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bersinergi.

Turut hadir Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Kepala Biro, Ketua Lembaga/Unit, ketua jurusan, ketua Prodi dan para alumni Unimed dari berbagai jurusan dan angkatan yang berasal dari seluruh daerah, bahkan hadir juga para mantan Rektor Unimed, Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota, serta fungsionaris dilingkungan Unimed dan dosen-dosen Unimed, ratusan mahasiswa Unimed juga turut hadir. (Humas Unimed).