PENGUMUMAN
MoU BTN

Dirut BTN Beri Kuliah Umum dan Jalin MoU di Unimed

Unimed – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono, SE.,MM. melakukan penandatanganan MoU bersama Universitas Negeri Medan, Rektor Unimed yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. disaksikan oleh Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kepala Biro BPKS-Humas, Staff Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Fungsionaris Unimed, Kabag, Kasubbag dan ribuan mahasiswa Unimed, yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Unimed (27/10).

Kerjasama tersebut meliputi  pelayanan jasa keuangan kepada masyarakat, khususnya mahasiswa Unimed. Acara Penandatanganan MoU tersebut dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Prospek dan Tantangan Perbankan dalam Industri Perumahan Indonesia di Era Digitalisasi”. Mengusung pemateri tunggal oleh Dirut PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono, SE., MM.

Pada paparannya, Maryono mengatakan prospek dan tantangan perbankan pada program perumahan sangat menjanjikan. Dengan pembangunan infrastruktur yang bagus akan banyak permintaan rumah dan pemukiman yang ada disekitarnya. Program Satu Juta rumah yang diusung oleh Presiden Jokowi, memperkuat pelayanan perbankan dalam memberikan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Indonesia memiliki peluang yang besar, muali dari perhatian dan dukungan pemerintah yag tinggi, pembangunan yang massif diseluruh nusantara, dan bonus demografi mendorong pertumbuhan nasabah kelasa menegah dan affluent.

BTN

Lanjutnya, “Untuk tahun ini, BTN telah menggelontorkan dana sebesar 155 Triliun untuk pembangunan 1,4juta rumah di seluruh Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mempengaruhi penyediaan rumah bagi masyarakat, Indonesia masih kekurangan 11,4 juta rumah. Namun kita (Bank) juga mengalami kendala, seperti kekurangan develover untuk membangun rumah yang layak, persaingan finansial sangat ketat untuk mencari dana pembangunan dan persaingan global yang semakin dekat didepan mata. Akan terjadi kemajuan era digital pada tahun 2020 mendatang, semua dapat diakses melalui digital dan dimana saja, oleh karena itu kita harus bertansformasi dan terus beinovasi.”

Prof. Abdul Hamid mengapresiasi pelaksanaan MoU dan Kuliah Umum dari Bank BTN. “Pelaksanaan MoU ini menambah relasi dan kerjasama Unimed, khususnya dibidang perbankan. Terima kasih kepada bapak Dirut yang telah bersedia hadir mengisi Kuliah Umum kepada ribuan mahasiswa kita yang hadir pada hari ini. Dengan mengusung tema yang menarik dan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa. Semoga kerjasama ini semakin mempererat dunia perbankan dengan dunia pendidikan.”

Salah seorang peserta, Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2016, Eko Puspito mengatakan “kerjasama yang dilakukan oleh BTN dengan Unimed dapat mengembangkan dunia perbankan di kalangan Universitas. Mahasiswa dapat memahami pelayanan perbankan didalam transaksi maupun keuangan di dunia pendidikan. Kegiatan seperti ini sangat baik untuk menambah relasi Unimed dan menambah wawasan mahasiswa di dunia perbankan.”  (Humas Unimed)