PENGUMUMAN
Pajak Penghasilan PPh

DPD RI Gandeng UNIMED Bahas RUU Pajak Penghasilan

MEDAN (Unimed) – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggandeng Universitas Negeri Medan (Unimed) dalam kegiatan Uji Sahih Naskah Rancangan Undang-Undang Usul Inisiatif DPD RI tentang Pajak Penghasilan (PPh) atas Kerjasama DPD RI dengan Universitas Negeri Medan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Sidang A Biro Rektor Unimed, Senin (19/6).

Kegiatan yang dipandu oleh Dosen Hukum Unimed Arief Wahyudi, SH. MH, ini mengundang narasumber Akademisi dan peneliti pajak Unimed Roza Thohiri, SE, M.Si, praktisi pajak yang juga pengusaha properti Ir. Tomi Wintan, dan H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, AK. CA. Pertemuan ini dihadiri oleh sembilan anggota DPD RI, yaitu Wakil Ketua DPD RI Prof. Dr. Ir. Damayanti Lubis, Wakil Ketua Komite IV Drs. Ghazali Abbas Adan, anggota Komite IV DPD RI Ayi Hambali, Abu Bakar Jamalia, Mohammad Saleh SE, Dr. Andi Surya, Herry Erfian ST, dan Leonardy Harmainy SIP. MH, beserta tim ahli RUU Pajak Penghasilan Dr. Dwi Martini, SE, Ak, dan Dr. Sukerdar, SH, MH, dan staf ahli DPD RI.

Undang-undang PPh

Ghazali Abbas mengatakan, kami anggota DPD RI sungguh konsen untuk pengembanganan daerah-daerah di seluruh Indonesia. Melalui pertemuan ini saya mewakili teman-teman anggora DPD RI membantah opini publik bahwa kami berpolitik di Senayan. Kami solid dan fokus memperjuangkan kemajuan dan peningkatan daerah. Dalam hal membahas usulan RUU Pajak Penghasilan yang akan kita bahas ini, kami tetap membutuhkan masukan dari para akademisi dari kampus yang hari ini kita percayakan kepada Unimed. Menurutnya, RUU ini penting untuk dibahas karena menyangkut tentang masa depan Indonesia dan rakyatnya. Pada waktu yang sama juga berlangsung kegiatan serupa di Universitas Airlangga Jatim dan Universitas Mataram NTB.

“Kami anggota DPD RI tidak berpolitik di Senayan, kami sangat kompak dan konsen dalam memperjuangkan kemajuan daerah-daerah diseluruh Indonesia. Uji kesahihan RUU tentang pajak penghasilan ini bertujuan untuk mendapatkan banyak masukan dan saran agar dapat menyempurnakan naskah usulan RUU yang telah kami susun,” ujarnya.

Ia mengatakan, Indonesia memerlukan UU yang mengatur mengenai pajak penghasilan (PPh), agar rasa tanggungjawab dan rasa memiliki terus bergelora dalam diri setiap warga negara.

Prof. Damayanti Lubis menambahkan, oleh karena itu RUU tantang pajak penghasilan ini penting kita bahas hari ini agar dampak positif bagi pengembangan negara ini kedepan semakin baik. Pajak penghasilan ini sungguh tujuan akhirnya juga untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara berkeadilan.

Undang-undang PPh Penghasilan

Sementara itu, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, Unimed sangat menyambut baik upaya DPD RI yang mengajak Unimed dalam penyempurnaan draft RUU tentang Pajak Penghasilan yang sudah dirancang. Kami mengucapkan terima kasih atas penghormatan ini, dijadikannya kampus Hijau Unimed sebagai mitra dalam membahas RUU ini. Kami siap membantu untuk memberikan masukan dan saran agar naskah RUU yang kita bahas ini bisa lebih sempurna dan tidak berdampak negatif terhadap peningkatan ekonomi rakyat dan perkembangan ekonomi kedepan.

“Unimed sungguh berterima kasih atas kepercayaan yang mulia ini, kami sangat senang dan siap bekerjasama kapan saja dengan DPD RI, kami siap membantu DPD RI dalam merancang RUU yang dimaksud,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Pendapatan Provinsi Sumatera Utara H. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak. CA, beserta rombongan dari kantor Gubernur Sumatera Utara. Turut hadir para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dilingkungan Unimed, ratusan akademisi, dan pakar ekonom Unimed. (Humas Unimed).