PENGUMUMAN
Asrin Lubis

Dr. ASRIN LUBIS, M.Pd

Seorang sosok yang ramah dan bersahaja, Dr. Asrin Lubis, M.Pd. dari wajahnya tak kelihatan beliau adalah dosen matematika. Pelajaran yang membutuhkan pemikiran yang cermat dan teliti.

Mengecap pendidikan di IKIP Medan (Sekarang Unimed) jurusan Pendidikan Matematika lulus tahun 1981, kemudian melanjutkan S2 Pendidikan Matematika di IKIP Malang (Sekarang UM) lulus tahun 1997, dan pada tahun 2014 menyelesaikan Studi S3 Ilmu Matematika di USU.

Pengalaman mengajar dimulai dari Guru SMA PAB tahun 1986 – 1990. Kemudian menjabat sebagai Dosen Matematika di Unimed sejak tahun 1987. Karena kepiawaiannya, beliau saat ini diamanahkan oleh civitas sebagai Dekan FMIPA Unimed periode tahun 2015-2019.

Selain mengajar di kampus, beliau juga aktif dalam kemasyarakatan, khususnya untuk para pelajar di sekolah. Beliau pernah menjadi Tim Juri Olimpiade Matematika SD se-kota Medan dari tahun 2004 -2008 oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara. Selain itu, beliau menjadi pemateri dalam peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran seperti Pelatihan guru-guru Matematika SMU se Sumatera Utara Di Balai Penataran Guru Medan tahun 2003, Pelatihan Tim Pembina Olimpiade Matematika Sekolah tahun 2005, Pelatihan Pelatih (TOT) Guru Mata Pelajaran Matematika se Sumatera Utara di LPMP Medan tahun 2007, Pelatihan Guru-guru Mata Pelajaran Matematika SMK se Sumatera Utara di SMK 1 Percut Sei Tuan tahun 2008.

Perhatiannya kepada pendidikan , beliau tuangkan kedalam bentuk penelitian dan karya tulis. Dari hasil penelitiannya diharapkan dapat menunjang kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Diantaranya karya tulis yang pernah dimuat adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tinggi Raja Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2010/2011 diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan Sains tahun 2011 dan A Nonlinear Stochastic Optimization Model for Water Distribution Network Problem with Reliability Consideration tahun 2014.

Pengalaman penelitian yang pernah dilakukan adalah sebagai berikut : Analisis Butir Soal Tes Buatan Guru Matematika Pada Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun ajaran 2006/2007, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui  Improving Learning Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T A 2008/2009, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Problem Based Instruction Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Di kelas VIII SMP Daya Cipta Medan  T A. 2009/2010, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tinggi Raja Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2010/2011, dan Model Optimisasi Kendala Peluang (Chance-Constrained) Untuk Masalah Jaringan Distribusi Air.

Untuk mata kuliah yang beliau ajarkan telah didukung dengan buku yang berhasil beliau tulis sendiri, antara lain dengan judul Bahasa Pemrograman I tahun 2011 dan Bahasa Pemrograman II tahun 2012.