PENGUMUMAN
Restu

Dr. RESTU, M.S

Dr. Restu, MS, pria kelahiran Deli Serdang, 19 Juli 1961 ini baru saja menyelesaikan studi S3 di Universitas Negeri Medan. Beliau salah satu lulusan 2013 yang berasal dari Jurusan Manajemen Pendidikan.

Sebelum mencapai gelar Doktor dan anak tangga kesukseksesan, Dosen Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial ini terlebih dulu menempuh pendidikan S1 di IKIP Medan dengan Jurusan Pendidikan Geografi, lalu melanjutkan studi dengan menempuh S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) mengambil Jurusan Pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL). Keduanya diselesaikan pada tahun 1985 dan 1992. Saat ini beliau sedang mengemban amanah jabatan fungsional akademik selaku pembina utama, yang berpangkat sebagai Lektor Kepala.

Pengalaman jabatannya melingkupi Dosen Jurusan Geografi FIS IKIP Medan/ Unimed Maret 1987 – Sekarang, Pimpro P2T (Peningkatan Pendidikan Tinggi) IKIP Medan April 1993 – Maret 1995, Pimbagpro OPF IKIP Medan April 1995 – Maret 1998, Wakil Sekretaris Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PUSDIP-KLH) IKIP Medan April 1994 – 2000, Anggota Tim Perencanaan (Tim SP4) IKIP Medan April 1996 – Maret 1999, Anggota Tim Akreditasi Program Studi Unimed IKIP Medan 1997, Ketua Jurusan Pend. Geografi FPIPS IKIP Medan/ UNIMED 1 Des. 1998 – 5 Des.2003, Staf Provincial Independent Monitoring Unit (PIMU) Sumatera Utara untuk Beasiswa JPS dan DBO Sekolah Tahun 1999-2000 British Council Mei 1999 – Desember 2000, Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNIMED 6 Desember 2003 – 31 April 2006, Penanggungjawab Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FIS UNIMED 2005, Pejabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNIMED 1 Mei 2006 – 1 Juli 2007, Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNIMED 2 Juli 2007 – 2011, Ketua Umum Pengurus Wilayah Ikatan Geograf Indonesia (IGI) Sumatera Utara IGI SUMUT 2005-2010.

Dr. Restu, MS, memulai karir mengajarnya di Universitas Negeri Medan yang dahulu bernama IKIP Medan. Beliau aktif mengajar sesuai jurusan yang digelutinya, yakni Pendidikan Geografi dan sempat juga mengajar Mata Kuliah Umum (MKU) PKLH yang bermula pada tahun 1992. Beliau juga sering mengikuti konferensi, seminar, lokakarya, dan simposium yang bertaraf nasional maupun internasional dimulai dari tahun 2005. Diantaranya Seminar Nasional IGI pada tahun 2013 dan Seminar Internasional Global Warming pada tahun 2009. Bukan hanya aktif menjadi peserta, beliau juga senantiasa memanfaatkan ilmunya untuk terus melakukan riset dan penelitian. Salah satu yang terbaru di tahun 2013 adalah penelitian yang berjudul “Pemetaan Potensi dan Risiko Bencana Provinsi Sumatera Utara Berbasis Sistem Informasi Geografis dan Pemanfaatannya untuk Pendidikan Dasar Tanggap Bencana” yang sekaligus pula menjabat sebagai ketuanya. Pengalaman tersebut tidak lepas dari kesediannya mengikuti berbagai pelatihan, seperti Pelatihan Penyusunan Tata Ruang di Universitas Gajah Mada (UGM) tahun 2008 lalu. Kendati berkesempatan mengikuti pelatihan, beliau tidak ingin mennyia-nyiakan ilmunya hanya sekadar sebagai peserta. Dorongan lebih untuk mencari solusi dari masalah-masalah yang terjadi membuat beliau rajin melakukan penelitian dan menuliskannya. Mengangkatnya menjadi karya tulis ilmiah, baik buku, makalah maupun jurnal dengan berapa judul serupa dengan penelitian yang dilakukan. Kebolehan menulis beliau membuatnya tidak terbatas hanya sebagai penulis karya tulis ilmiah saja, tetapi juga merambah sebagai penyunting, editor, reviewer, dan peresensi jurnal. Salah satunya jurnal yang diterbitkan Lemlit Unimed pada tahun 2009 yang berjudul “Pemetaan Seni Cendramata di Objek Wisata Sumatera Utara untuk Pengembangan Desain Cinderamata Berbasis Etnik Sumatera Utara”. Selain meneliti dan menulis, beliau juga menjadi ketua di Ikatan Geograf Indonesia (IGI) Sumatera Utara dari mulai tahun 2007 hingga sekarang. Dan terdaftar sebagai anggota di Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia dari tahun 1992.

Pria yang tinggal di Jln. Mustafa Gg. Nusa Indah No. V Medan 20239 ini memang aktif dan senang berinovasi mengembangkan pengetahuannya. Kepedulian dan kecintaannya pada lingkungan membuatnya ingin terus melakukan inovasi serta mencari solusi dari suatu permasalahan. Ketertarikan tersebut bermula dari kesungguhan menekuni Jurusan Pendidikan Geografi. Beliau juga aktif menulis, salah satu dari empat keterampilan berbahasa memacu kecerdasan pikiran dan verbal seseorang.