PENGUMUMAN
Nurmala Berutu

Dra. NURMALA BERUTU, M.Pd

Sosok dosen yang terus berinovatif ini tentunya tidak asing lagi dikalangan civitas akademika FIS Unimed, karena beliau aktif diberbagai kegiatan akademik dan turut andil dalam mengembangkan FIS menjadi kampus yang maju dan terus berbenah untuk kemaslahatan civitas, terutama terbangunnya budaya akademik yang konstruktif untuk kenyamanan belajar mahasiswa.

Dosen kelahiran Dairi, 27 Mei 1962 ini memulai karir sebagai CPNS di Unimed sejak tahun 1987. Beliau menyelesaikan studi S2 pada tahun 1994. Di tahun ini juga beliau kembali aktif mengajar di Jurusan Pendidikan Geografi. Mengajar di jurusan ini membuatnya seperti nostalgia. Karena dahulu beliau alumni pendidikan Geografi di IKIP Medan (Sekarang Unimed) tahun 1985. Sehingga beliau sangat mengerti dan memahami bagaimana cara mengajarkan dan membimbing mahasiswa-mahasiswinya, karena beliau dosen aktif yang peduli dalam membimbing mahasiswa dalam pembimbingan akademik dan pembimbingan penulisa tugas akhir skripsi.

Beliau aktif di organisasi Ikatan Geograf Indonesia (IGI) sejak tahun 2010. Karena kegigihannya dan kecintaannya di jurusan Pendidikan Georafi, beliau dipercayakan menjabat Kepala Laboraturium Jurusan pada tahun 1995 – 2006. Setelah itu, beliau dipercaya menjadi Sekretaris Jurusan selama dua periode, yakni 2006-2009 dan 2009-2012. Karirnya pun melesat ketika dipercaya menjadi Wakil Dekan I FIS Unimed sejak 2011 hingga 2015. Karena keuletannya, saat ini beliau menjabat sebagai Dekan FIS Unimed periode tahun 2015-2019.

Prestasi yang gemilang diikuti juga dengan pengabdiannya kepada masyarakat, beliau membimbing dan membina mahasiswanya agar dapat berkontribusi dengan mengaplikasikan ilmu di perkuliahan kepada masyarakat. Seperti Pengabdian Masyarakat Fis Unimed Pemberdayaan Masyarakat Kota China Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan Kota Medan tahun 2012, Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Penjaminan Mutu Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2013, Model Pendampingan Sekolah Berbasis SNP Di Kabupaten Serdang Bedagai Melalui Penerapan AMI tahun 2014, dan Pembinaan Kelompok NelayanTradisional dalam Pengolahan Hasil  Tangkap Laut untuk Peningkatan Ekonomi di Desa Percut Sei Tuan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang tahun 2015.

Beliau juga aktif dalam penelitian lingkungan seperti Kajian Daya dukung Lingkungan Daerah Aliran Sungai Deli tahun 2011, Studi mengenai koefisien aliran sebagai indikator kerusakan Lingkungan di daerah Aliran Sungai Deli tahun 2011, Hubungan Kemampuan Membaca Peta dengan Penguasaan Konsep Interaksi Keruangan Pada Siswa SMA Negeri sekota Medan tahun 2012, Aplikasi Data Penginderaan jauh dan SIG untuk Penentuan Daerah Prioritas Program Rehabilitasi Mangrove berdasarkan Pemodelan Greenbelt di Pesisir Pangkalan Susu Kabupaten Langkat Sumatera Utara tahun 2014, Pengelolaan Sampah di Universitas Negeri Medan tahun 2015, Analisis Kualitas Lingkungan dan Tingkat Kemiskinan Masyarakat Pesisir Kota Medan tahun 2015.

Selain penelitian, beliau banyak menuliskan berbagai jurnal ilmiah, diantaranya Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa pada Konsep Pertalian Wilayah Materi Biosfer Dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Di SMA Negeri 14 Medan tahun 2010, Studi mengenai koefisien aliran sebagai indikator kerusakan Lingkungan di daerah Aliran Sungai Deli tahun 2012, Hubungan Kemampuan Membaca Peta dengan Penguasaan Konsep Interaksi Keruangan Pada Siswa SMA Negeri sekota Medan Tahun 2013, Strategi Adaptasi Pelaksanaan Pendidikan Bagi Anak Pengungsi Gunung Sinabung (Studi Kasus di Lokasi GBKP Kota Kabanjahe Kabupaten Karo) tahun 2014, Tingkat Pengetahuan Guru Geografi Tentang Kurikulum 2013 di SMA Se-Kota Binjai Propinsi Sumatera Utara tahun 2015, dan Analisis Daya Dukung Lingkungan Daerah Aliran Sungai Deli tahun 2015.