PENGUMUMAN
Duta Besar Jerman Ke Unimed

Duta Besar Jerman Kunjungi UNIMED

Suatu kebanggaan yang luar biasa bagi seluruh civitas akademika Universitas Negeri Medan, karena pada Rabu, 17 September 2014 mendapat kunjungan istimewa dari Duta Besar Jerman untuk Indonesia Bapak Dr. Georg Wichels dan rombongan kekampus hijau Unimed. Acara temu ramah yang dilaksanakan di ruang pertemuan Gedung Perpustakaan Digital Unimed lantai 5 ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Pembantu Rektor IV Prof. Dr. Berlin Sibarani, M.Pd, Kepala PUSSIS Unimed Dr. Phil. Ichwan Azhari, M.S, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Ahmad Bengar Harahap, S.Pd. M.Hum, semua dosen dan ratusan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman.

Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan Duta Besar Jerman ini merupakan kehormatan bagi kami seluruh civitas akademika Unimed, karena utusan presiden Jerman untuk Indonesia yakni Duta Besar Jerman berkenan hadir berkunjung kekampus tercinta kita ini dalam ramah-tamah. Unimed sangat bangga dan harus kita manfaatkan pertemuan terhormat ini dalam usaha terjalinnya kerjasama yang akan bermanfaat baik buat kemajuan Unimed. Saya selaku rektor berkepentingan sekali jika pertemuan ramah-tamah dengan Duta Besar Jerman dan rombongan ini menghasilkan beberapa kesepakatan bersama. Kita berharap melalui bapak Duta Besar, Pemerintah Jerman berkenan mengutus dosen/pengajar Bahasa Jerman yang dihadirkan langsung dari Jerman secara periodik setiap tahunnya. Kita juga berharap Pemerintah Jerman memberikan bantuan khusus untuk Unimed dalam kemudahan dan bantuan dana untuk studi lanjut S2 untuk alumni Unimed dan S3 untuk semua dosen Unimed. Selain itu kita juga berharap bapak Duta Besar Jerman bisa memberikan kemudahan kepada Unimed untuk menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Jerman dalam peningkatan SDM dosen dan penelitian.

Sementara Pembantu Rektor IV Prof. Dr. Berlin Sibarani, M.Pd, menambahkan bahwa pertemuan mulia ini mudah-mudahan bapak Duta Besar Jerman dan rombongan berkanan memberikan bantuan dan kemudahan untuk Unimed dalam peningkatan ilmu pengetahuan. Baik pemerintah Jerman memberikan bantuan secara periodik tenaga pengajar bahasa jerman dari Jerman dan bantuan lainnya untuk kemajuan Unimed. Unimed memiliki program studi Pendidikan Bahasa Jerman yang usianya sudah 42 tahun, namun baru untuk pertema kali bapak Duta Besar Jerman berkanan langsung hadir kekampus hijau tercinta kami ini. Selama ini yang hadir hanya staf dari konjen Jerman. Kami berharap pertemuan ini akan membawa kemudahan bagi kami dalam menjalin kerja sama secara resmi dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga ilmu pengetahuan lain di Jerman.

Kemudian ketua program studi Pendidikan Bahasa Jerman Ahmad Bengar Harahap, S.Pd. M.Hum, juga mengatakan ini merupakan kejutan buat kami karena orang sekelas utusan presiden dari suatu negara berkanan hadir langsung kekampus tercinta Unimed ini. Saya juga sebagai ketua prodi terkejut pada saat staf konjen Jerman menghubungi saya untuk menyampaikan bahwa pada 17 september 2014 Duta Besar Jerman akan berkunjung langsung kekampus Unimed. Keterkejutan tersebut mengharuskan diri saya untuk bertanya kepada staf konjen tersebut, kenapa mendadak dan ada keperluan apa beliau mau berkunjung ke Unimed. Yang mencengangkan saya komentar dari staf konjen Jerman tersebut bahwa informasi dari staf di kantor Duta Besar Jerman di Jakarta mengatakan bapak duta besar tertarik dengan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman di Unimed, karena dilihatnya banyak prestasi mahasiswa bahasa Jerman Unimed untuk tingkat nasional dan internasional dalam pemanfaatan bahasa Jerman. Semoga pertemuan ini akan membawa keberkahan dan pengembangan positif buat Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Unimed kedepan. Amin. (Humas Unimed).