PENGUMUMAN
EDWC

EDWC (English Department Writing Club)

Pada pertengahan oktober 2011, diresmikan oleh PD3 FBS Unimed, Dr. Daulat Saragih, M.Hum dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (HMJ-BSI) Unimed, sebuah grup diskusi menulis ini dibentuk. EDWC adalah sebuah klub yang berorientasi pada penulisan karya tulis ilmiah. Klub ini didirikan oleh para pengurus HMJ-BSI dengan berlandaskan tridarma perguruan tinggi, dikarenakan penulisan karya ilmiah yang didalamnya terkandung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kurangnya kuantitas mahasiswa yang mampu menulis karya ilmiah mendorong semangat para pengurus HMJ-BSI untuk mensosialisasikan ilmu dan pengalaman tentang penulisan karya ilmiah.

Pada awalnya, peminat EDWC sangatlah sedikit dikarenakan kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang manfaat dari penulisan karya ilmiah dan juga karena kurangnya sosialisasi dari pengurus HMJ-BSI. Namun, pada tahun berikutnya dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh para pengurus HMJ-BSI, terutama pada saat penerimaan mahasiswa baru, dengan menunjukan prestasi-prestasi para pengurus HMJ-BSI dalam bidang penulisan untuk memotivasi para mahasiswa baru. Hingga saat ini, anggota dari EDWC berjumlah sekitar 80 orang.

Biasanya, pertemuan regular EDWC dilakukan seminggu seminggu sekali, yakni setiap hari sabtu pada pukul 09.00 wib. Tutor yang menjadi pengajar pada EDWC adalah Irwan Saputra (Sastra Inggris/2010), yang memiliki beberapa prestasi nasional dan internasional dalam bidang penulisan karya ilmiah. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan di EDWC adalah pengajaran teoretis mengenai karya tulis ilmiah, Focus Group Discussion (FGD), praktek penulisan karya ilmiah, observasi lapangan untuk mencari permasalahan dan solusinya, dan lain-lain.

Hingga saat ini EDWC sudah mencetak beberapa kader yang berprestasi di bidang karya tulis ilmiah. Seperti Via Tari Dipa Pencawan yang diundang untuk mengikuti diskusi panel di DPR karena esainya yang terpilih sebagai 25 besar terbaik se-Indonesia, Kemudian Rahmad Husen yang juga sebagai ketua HMJ-BSI tahun ini berhasil terpilih sebagai juara 1 seleksi Mawapres FBS Unimed, dan masih banyak prestasi lain yang telah ditorehkan oleh kader EDWC HMJ-BSI Unimed.