PENGUMUMAN

FBS – Fakultas Bahasa dan Seni

Sesuai sejarah awal Fakultas Keguruan Sastra dan Seni dipimpin oleh dekan pertama yaitu Drs. Amandus Simangunsong (1965-1967). Selanjutnya, dipimpin oleh Dr. D.P. Tampubolon (1967-1971). Dilanjutkan oleh Dr. M. Butar-butar (1971-1973). Kemudian dijabat oleh Drs. Bistok Sirait, M.Sc. (1973-1975). Dilanjutkan selama dua periode oleh Dr. Mangasa Silitonga (1975-1980). Kepemimpinan berikutnya dijabat oleh Drs. S.B.P. Sibuea (1980-1983) dan dilanjutkan oleh Drs. Abubakar (1983-1986).Kepemimpinan berikutnya dijabat oleh Prof. Dr. M. Butar-butar (1986-1993). Dilanjutkan Oleh Drs N.H. Nainggolan (1993-1996). Pada masa sebelum berubah menjadi FBS Unimed kepemimpinan dijabat olah Prof. Dr. Tina Mariany Arifin. Selanjutnya FBS selama dua priode dipimpin oleh Drs. Irwandi, M.Pd (1999-2003) dan (2003-2007). Pada tahun 2007 dengan periode kerja hingga tahun 2011, Fakultas Bahasa dan Seni dipimpin oleh Prof.Dr. Khairil Ansari, M.Pd. Priode berikutnya FBS dipimpin oleh Dr. Isda Pramuniati, M.Hum. (2011-sekarang).

Visi

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan menjadi fakultas yang terbaik dan terkemuka dalam pembelajaran bahasa dan seni dengan orientasi kepada lulusan, mutu layanan pendidikan, dan pemenuhan permintaan pasar kerja/industri dalam konteks lokal, regional, dan global.

Misi

  1. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang (pengajaran dan pembelajaran) bahasa dan seni.
  2. Menumbuhkan budaya akademik yang kondusif dalam konteks sosial lokal, nasional, regional, dan global dengan memberdayakan segala potensi yang dimiliki.
  3. Mendidik tenaga akademik dan/atau profesional yang bermutu dalam bidang pengajaran bahasa dan seni.
  4. Menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang (pengajaran) bahasa dan seni dalam konteks lokal, nasional, regional, dan global.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang ilmu (pengajaran) bahasa dan seni yang unggul dan profesional.
  2. Menghasilkan tenaga akademik dan/atau propesional dalam bidang (pengajaran) bahasa dan seni untuk menunjang keefektipan dan keefisienan pelaksanaan pendidikan.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan karya (pembelajaran) bahasa dan seni yang inovatip produktif untuk memenuhi kebutuhan konteks sosial lakal, nasional, regional, dan global.

Rencana Pengembangan Jangka Panjang

Untuk mengarahkan perkembangannya ke masa yang akan datang, civitas akademika di Fakultas Bahasa dan Seni telah merumuskan visi dan misi yang sejalan dengan visi dan misi Unimed, dan arah prioritas perkembangan Sumatera Utara di bidang industri, perdagangan dan pariwisata.

Jurusan dan Program Studi

Fakultas Bahasa dan Seni merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Negeri Medan, menaungi 5 Jurusan yaitu:

  1. Jurusan Bahasa Indonesia, terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris.
  3. Jurusan Bahasa Asing, terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman.
  4. Jurusan Sandratasik, terdiri dari Prodi Pendidikan Seni Tari dan Prodi Pendidikan Seni Musik.
  5. Jurusan Seni Rupa dengan Prodi Pendidikan Seni Rupa.

Meskipun telah memperoleh perluasan mandat untuk mengelola program studi non-kependidikan, FBS masih mengutamakan mandat sebagai lembaga pendidik tenaga kependidikan di samping telah membuka dua buah program studi baru non-kependidikan, yaitu program studi Sastra Indonesia dan Sastra Inggris. Selain itu juga dipersiapkan pembukaan dua buah program studi baru non-kependidikan, yaitu program studi seni murni dengan peminatan seni lukis dan seni patung; dan program studi desain dengan peminatan utama desain grafis dan desain produk industri. Pembukaan program studi baru tersebut untuk mewujudkan visi dan misi Unimed “menjadi universitas yang unggul di bidang pendidikan, industri, dan pariwisata”. Jumlah dosen FBS Unimed sebanyak 193 orang, dengan rincian berpendidikan S1 sebanyak 18 orang (19,35%), S2 150 (77,72%), dan S3 25 (12,95%). (tabel 14). Ini merupakan kekuatan utama FBS. Selama lima tahun terakhir, jumlah mahasiswa FBS mengalami kenaikan dari 649 (tahun 2006) menjadi 3.747 (tahun 2011). Meski kuantitas dan kualitas input menunjukkan kenaikan namun belum cukup memuaskan. Kualitas input yang kurang memuaskan tersebut belum sepenuhnya dapat ditindaklanjuti melalui penumbuhan budaya belajar mandiri. Akibatnya masa studi dan kualitas lulusan belum memuaskan terhadap perkembangan kebutuhan stakeholders. Faktor lain yang belum mendukung adalah pemanfaatan fasilitas belajar yang belum optimal disamping aspek kecukupan dan kesesuaian yang belum memadai.

Dalam kondisi keterbatasan sumber daya, FBS tetap menunjukkan komitmen yang tinggi dalam meraih berbagai peluang dan menggerakkan kemajuan pendidikan di Sumatera Utara dan nasional. Untuk meningkatkan kualitas guru, sivitas FBS ikut terlibat dalam sertifikasi guru dalam jabatan, pendidikan guru dalam jabatan, pendidikan profesi guru, dan pengembangan industri, budaya, dan pariwisata, khususnya di Sumatera Utara. Berbagai hibah kompetisi yang diperoleh telah mendorong FBS untuk mampu menata efisiensi internal sehingga motivasi dan kemampuan dosen FBS dalam bidang penelitian, publikasi ilmiah, penulisan buku, dan menghasilkan prototipe model pembelajaran menjadi lebih baik.

Pimpinan FBS

  • Dekan FBS              : Dr. Isda Pramuniati, M.Hum.
  • Wakil Dekan I         : Dr. Wahyu Triatmojo, M.Hum. (Bidang Akademik)
  • Wakil Dekan II        : Drs. Basyaruddin, M.Pd. (Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana)
  • Wakil Dekan III       : Dr. Marice, M.Hum. (Bidang Kemahasiswaan)

Website     : http://fbs.unimed.ac.id