PENGUMUMAN
FBS

FBS Kembangkan Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar

UnimedFakultas Bahasa dan Seni Unimed menggelar fokus group discussion (FGD) dalam rangka mengembangkan pembelajaran berbasis aneka sumber belajar. Kegiatan di gelar pada jum’at, 21 Oktober 2016 di ruang sidang FBS Unimed dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, sekaligus membuka acara. Hadir juga WD 1 Dr. Wahyu Triatmojo, M.Hum, seluruh fungsionaris FBS dan 62 orang dosen muda.

Sumber belajar merupakan informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media yang dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa tempat, benda, bahan, buku, dan peristiwa. Sumber belajar yang berupa buku dan tulisan cetak lainnya sudah biasa digunakan di Unimed. Di sisi lain, sumber belajar dalam bentuk tempat, benda, orang dan peristiwa masih kurang digunakan. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dikembangkan pembelajaran berbasis aneka sumber belajar lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran berbasis aneka sumber belajar dalam bentuk tempat, benda, orang dan peristiwa.

Proses FGD dibagi kedalam empat kelompok yakni kelompok yang ditugaskan menyusun sumber belajar berbasis benda, berbasis tempat, berbasis orang dan berbasis peristiwa. 62 orang fungsionaris dan dosen FBS Unimed dikelompokkan tersebut agar lebih optimal sistem kerjanya dalam menyusun sumber belajar berbasis aneka sumber, yang hasilnya akan diterapkan dalam prosen pembelajaran di lingkungan FBS Unimed.

Prof. Dr. Abdul Hamid K, M. Pd, dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kreatifitas dekan dan fungsionaris FBS Unimed, karena belum pernah dilakukan di fakultas lain. Jika hasilnya nanti cukup baik dalam menunjang hasil belajar yang dilakukan dosen dalam perkuliahan, akan kita jadikan best practice dilingkungan Unimed. Kami pimpinan universitas sangat mengapresiasi semua bentuk inovasi terbaru yang mengarah pada kebaikan dan kesuksesan semua kegiatan di kampus hijau yang kita banggakan.

Lanjut Prof. Abdul Hamid, sebenarnya kita telah kembangkan sejak lama learning revolution, kita berharap kegiatan inspiratif ini dapat mendukung suksesnya learning revolution. Para dosen Unimed terus terdorong dalam melakukan berbagai inovasi guna mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, sedangkan mahasiswa juga terus terbentuk kemandirian dalam belajar. Sehingga pemberlakukan kurikulum berbasis KKNI yang telah kita terapkan dapat menghasilkan lulusan yang lebih berdaya saing.

Wakil Dekan I FBS Dr. Wahyu Triatmojo, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini kita lakukan sungguh sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar yang secara maksimal, dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen, kita juga terus mendorong para dosen untuk berinovasi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam proses perkuliahan, kemudian juga kita berharap terbangunya kemandirian belajar para mahasiswa FBS Unimed.

Kegiatan dilanjutnya dengan diskusi aktif yang dilakukan oleh masing-masing kelompok di jurusan masing-masing, selanjutnya akan dilakukan persentasi kelompok untuk dibahas hasil dan diselaraskan dalam ketercapaian kegiatan yang diharapkan. (Humas Unimed).