PENGUMUMAN
Raja Majestic Marching Band Championship 2016

FBS UNIMED Gelar Raja Majestic Marching Band Championship 2016

Medan (Unimed) – Program Studi Pendidikan Musik FBS Unimed menggelar kompetisi Marching Band yang bertajuk “Raja Marching Band Championship 2016” sebagai wujud dari projek perkuliahan beberapa mata kuliah. Kompetisi ini diikuti oleh 38 tim marching band dari beberapa sekolah dari tingkat SD/SMP/SMA sederajat dan tim profesional kabupaten/kota di Sumatera Utara dan Aceh. Kegiatan yang sudah digelar beberapa kali oleh Prodi Pendidikan Seni Musik FBS ini digelar pada 7-9 Oktober 2016 di Gedung Serba Guna dan Digital Library Unimed dan dibuka secara resmi oleh Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, turut hadir seluruh fungsionaris FBS, ratusan mahasiswa dan puluhan tim yang akan bertanding. Kompetisi Raja Marching Band Championship ini memperebutkan Piala Bergilir Rektor dan Dekan Unimed, serta puluhan ribu dana pembinaan.

Kategori lomba kompetisi marching band ini yakni 1) Solo ; color guard individual contest, Brass, Snare Drum, Pit Instrument, dan Multi Tom, 2) Drum Battel SD, 3) Drum Battle Senior, 4) Brass Battle, 5) Color Guard Contest Junior, 6) Color Guard Contest Senior, 7) Display Pianika SD, SMP/SMA/ Logam Terbatas dan Drum Corps. Panitia menghadirkan dewan juri dari kalangan profesional, akademiki dan mahasiswa.

Raja Majestic Marching Band Championship 20162

Mukhlis Hasbullah, S.Pd. M.Sn, selaku ketua panitia mengatakan, “kegiatan ini merupakan projek dari mata kuliah Seni Pertunjukian, Ensemble Musik, Kritik Musik, Leadership di Prodi Pendidikan Seni Musik. Kami dosen yang mengampu mata kuliah ini bersama mahasiswa mengkolaborasikan sebuah pailot projeck yang bernama kompetisi raja majestik marching band championship, yang merupakan sebuah festival terbesar di Sumatera dengan memperebutkan piala Rektor dan Dekan FBS Unimed. Dasar pemikiran ini sederhana yakni kurikulum baru berbasis KKNI menuntut mahasiswa untuk melakukan mini research, rekayasa ide dan dituntut dapat menghasilkan pailot project dari proses perkuliahan. Hasil perkuliahan harus memberikan wawasan cakrawala kepada masyarakat luas, sehingga Unimed sebagai PTN terbaik di Sumatera tidak hanya mengkaji ilmu pengetahuan secara teoritis saja, namun harus dapat melahirkan berbagai inovasi dalam bentuk musik, tari, rupa sehingga bermanfaat bagi masyarakat, serta akan menginpirasi mereka untuk terus berinovasi dalam hidup.

Marching Band 3

Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, dalam sambutan dipembukaan mengatakan, kami pimpinan FBS sangat mengapresiasi kompetisi besar ini. Sungguh ini merupakan wujud nyata dari hasil proses akademik yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa di FBS yang kita banggakan. Pak Rektor dan kami pimpinan fakultas sangat mendorong agar proses perkuliahan dapat menghasilkan projek-projek tertentu sesuai kajian ilmu masing-masing. Dengan menggelar event seperti ini yang melibatkan masyarakat luas, sesungguhnya akan menggugah mahasiswa kita untuk lebih giat belajar, berinovasi dan berprestasi. Merancang kegiatan besar seperti ini tidaklah mudah dan banyak tantangannya. Tapi tantangan tersebutlah yang akan mendewasakan para mahasiswa untuk lebih aktif, kreatif dan semangat dalam belajar.

“Melalui kompetisi ini, seluruh civitas FBS Unimed saya ajak untuk terus mengeluarkan ide-ide kreatif dalam mengembangkan kajian ilmiah dan melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat luas. Dengan berbagai kegiatan tersebut nama besar FBS Unimed akan terus terkenang, serta mendorong mahasiswa untuk terus berprestasi. FBS Jaya, Unimed Bisa, ujar Dr. Isda Pramuniati. (Humas Unimed).