PENGUMUMAN

FIS – Fakultas Ilmu Sosial

Visi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (FIS-Unimed) adalah: “menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan pendidikan, ilmu-ilmu sosial dan dan budaya”. Unggul di bidang pendidikan maksudnya adalah fakultas beserta program studi yang dinaungi FIS digerakkan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas untuk menghasilkan calon guru profesional pada bidang pendidikan ilmu-ilmu sosial dan budaya.Unggul di bidang ilmu sosial dan budaya maksudnya adalah bahwa fakultas beserta program studi di lingkungan FIS mengemban tanggung jawab untuk menyelenggarakan pendidikan, pengembangan ilmu sosial dan budaya melalui penelitian, dan penerapannya melalui pengabdian kepada masyarakat. Keunggulan tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan berkualitas, penelitian dasar dan terapan yang seimbang berbasis kebutuhan riil stakeholders dan kepentingan pengembangaan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat baik yang bersifat non profit oriented maupun income generate. Cita-cita ini hanya dapat diwujudkan apabila segenap sivitas akademika FIS dapat sepenuhnya berperan baik dalam bidang inovasi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan visi di atas, ditetapkan 4 misi, yakni: (1) Mengajarkan pendidikan ilmu sosial dan budaya melalui proses pembelajaran yang berbasis kompetensi secara profesional, (2) Mengembangkan ilmu sosial dan budaya melalui kegiatan penelitian secara individual maupun kelembagaan, (3) Mengaplikasikan pendidikan ilmu sosial dan budaya untuk masyarakat luas melalui kegiatan pengabdian dan kerjasama dengan berbagai kalangan, (4) Mendorong usaha-usaha penciptaan masyarakat yang agamis, bermoral, disiplin, profesional, dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat khususnya dalam penerapan pendidikan ilmu sosial dan budaya.

Pada dasarnya pengembangan kebijakan dan program periode 2006-2010 dilakukan sesuai dengan evaluasi capaian pada periode sebelumnya. Kebijakan dan Program FIS-Unimed mengacu pada universitas yang dibagi menjadi tiga bagian, yakni: (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, dan (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Ketiga pilar ini diperluas menjadi 5K, yakni Ketersediaan, Keterjangkauan, Kualitas, Kesetaraan dan Keterjaminan untuk memperoleh pekerjaan.

Kebijakan riset kependidikan berlandaskan kebutuhan riil di sekolah dilakukan untuk memperkaya bahan ajar bidang kependidikan berupa inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Pengembangan sumber belajar dan sistem pendidikan yang efektif dan efisien akan diupayakan dengan melibatkan sivitas akademika bekerja¬sama dengan instansi lain yang terkait. Peningkatan mutu pembelajaran akan bermuara pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kesejahteraan hidup masyarakat. Sebagai fakultas yang memiliki jurusan dan prodi yang tidak dimiliki oleh universitas lain di Sumatera Utara, FIS-Unimed harus menjadi pusat konsultasi untuk memecahkan masalah-masalah di bidang pendidikan ilmu sosial dan budaya. Dosen FIS-Unimed akan didorong untuk menghasilkan publikasi baik berupa buku atau tulisan yang dimuat di jurnal nasional/internasional dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan peran serta pengembangan ilmu oleh FIS-Unimed.

FIS Unimed juga mengambil peran untuk mengembangkan potensi pariwisata Sumatera Utara dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dari jurusan/program studi yang relevan. Sektor ini merupakan penyumbang PAD yang terus mengalami peningkatan di Sumatera Utara hingga tahun 2005. Kenaikan sektor ini mencapai 62%, sedang sektor-sektor lain hanya berkisar 4%. Peningkatan peran FIS-Unimed bagi pengembangan pariwisata Sumatera Utara akan terus diupayakan terutama melalui kajian dosen dan mahasiswa di Jurusan Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Sejarah, dan Prodi Antropologi.

Penyelenggaraan kegiatan pendidikan dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan kebutuhan stakeholder. Untuk itu dilakukan kegiatan pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi hasil belajar, dengan audit mutu akademik untuk melakukan peningkatan mutu berkelanjutan yang dikoordinasi oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM) Unimed. Selanjutnya FIS-Unimed akan terus mengembangkan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan dan pendidikan untuk guru dalam jabatan. Kegiatan ini dilakukan secara integratif dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penataan kegiatan penelitian diawali dengan penetapan arah kebijakan berbasis penyelesaian masalah stakeholderdengan prinsip income generating. Untuk memperoleh hasil yang optimal, kegiatan ini dirancang dengan melibatkan potensi sumberdaya manusia, biaya, serta sarana dan prasarana. Pembinaan komunitas belajar dan penelitian diupayakan dengan melibatkan scientific leader yang kuat, mampu bekerja keras, tekun, teliti, militan, akademikus sejati, dan memiliki sifat terbuka, jujur, demokratis, dan kritis. Komunitas ini diarahkan dapat bekerja sebagai critical mass untuk tujuan elusidasi masalah sejenis dalam satu payung kerja.

Sesuai dengan rencana Unimed menjadi teaching dan research institution yang unggul dilakukan atas komitmen di tingkat pimpinan melalui kebijakan-kebijakan yang inovatif maka dosen FIS-Unimed diarahkan untuk melakukan penelitian-penelitian bidang pendidikan berbasis kebutuhan riil di lapangan. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk pengembangan pembelajaran berbasis sosio-kultural, desain dan implementasi penerapan kontrak kuliah, web-based learning, project-based learning, research-based learning, critical book report, portofolio pengajaran, dan manajemen laboratorium. Penelitian untuk menghasilkan sistem pendidikan yang efektif, efisien, dan berkualitas juga akan dilakukan untuk meningkatkan peran Unimed sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK).

  • Motto   : Kerjakan sesuatu dengan ikhlas dan benar
  • Budaya : Kerja keras, jujur, santun, koperatif, saling menghargai dan kompetitif
  • Komitmen : Keterwujudan Visi, Keterlaksanaan Misi, Ketercapaian Tujuan, Ketepatan sasaran, Kecukupan dan kesesuaian kebijakan, Keandalan Program, Kebermaknaan Kegiatan, Keruntutan Prosedur, Keberlanjutan Indikator (8K).

Pimpinan FIS

  • Dekan FIS              : Dra. Nurmala Berutu, M.Pd.
  • Wakil Dekan I         : Dr. Deny Setiawan, M.Si. (Bidang Akademik)
  • Wakil Dekan II        : Dra. Flores Tanjung, M.A. (Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana)
  • Wakil Dekan III       : Drs. Waston Malau, M.SP. (Bidang Kemahasiswaan)

Website     : http://fis.unimed.ac.id