PENGUMUMAN
Pemberdayaan Pariwisata

FIS UNIMED Gali Potensi Pariwisata Sumut & Launching Buku

MEDAN (Unimed) – Fakultas Ilmu Sosial Unimed menggelar kuliah umum  tentang Pemberdayaan Potensi Pariwisata Sumatera Utara dan Launching Buku Sejarah Pariwisata buah karya dosen FIS Unimed. Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah dalam sambutannya mengatakan sejarah perkembangan pariwisata di Sumatera Utara sangat banyak menarik perhatian para wisatawan hingga mereka tertarik untuk kembali lagi wisata ke Sumatera Utara dan ini merupakan langkah awal bagi Unimed agar dapat mengembangkan wisata lokal di SUMUT dengan cara merancang program studi baru Jurusan Pariwisata.

Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed menghadirkan Narasumber dari Penulis Buku sejarah pariwisata menuju perkembangan pariwisata Indonesia Prof. Dr. Bungaran Antonius Simanjuntak, MA dan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumetera Utara Drs. H. Mukhlis Nasution, M.Pd. Kuliah umum ini berlangsung di ruang Audiovisual lantai III FIS Unimed pada Jumat, 20 Mei 2017.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan, Dekan FIS  Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Wakil Dekan II Dra. Flores Tanjung, MA, Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah Dr. Ida Liana Tanjung, M.Hum, para dosen Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed, dan ratusan mahasiswa berperan aktif memenuhi ruangan mengikuti kuliah umum dengan antusias.

Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, dalam arahannya mengatakan, melalui kegiatan kuliah umum ini kita harapkan menjadi langkah awal FIS Unimed untuk membudayakan budaya kampus yang aktif dan kreatif dalam melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah guna mendorong dosen dan mahasiswa mengembangkan pengajaran dan penelitian. Perkuliahan yang kita laksanakan tidak hanya di ruang kelas saja, namun harus menghasilkan berbagai kegiatan tambahan yang lebih memberikan ruang ekspresi bagi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Melalui berbagai kegiatan akademik seperti ini, mahasiswa akan terdorong membangun perkulihaan yang inovatif untuk prestasi yang membanggakan warga civitas.

Kuliah umum terkait pemberdayaan potensi pariwisata Sumatera Utara dan lounching buku sejarah pariwisata yang di gelar Jurusan Pendidikan Sejarah ini harus di upayakan dapat menstimulasi civitas FIS, terutama dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah untuk terus menggali potensi-potensi sejarah yang masih kurang sesuai dengan fakta dan data. Saya berharap dosen dan mahasiswa Sejarah Unimed dapat memberikan kontribusi bagi negeri ini, terutama Sumatera Utara untuk meluruskan sejarah-sejarah yang tidak sesuai dengan fakta sejarah yang ada. Serta bagaimana mampu mengontruksi proses pendidikan sejarah yang di pelajari di sekolah-sekolah menjadi lebih mudah disampaikan dan mudah diterima oleh siswa/i. Siswa harus mencintai sejarah di negerinya sendiri daripada sejarah di negara lain.

Dr. Ida Liana Tanjung, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah juga menyampaikan dalam sambutannya agar kegiatan kuliah umum ini menjadi langkah awal untuk terus melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah, guna memberikan wadah dalam mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam mendukung hal ini, kita akan menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam melakukan kegiatan ilmiah dan penelitian guna meluruskan dan membenarkan sejarah-sejarah yang tidak benar, karena tidak sesuai fakta sejarah. (Humas Unimed).