PENGUMUMAN

FMIPA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, dan inovasi bidang MIPA berstandar nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pengembangan pengetahuan dalam bidang MIPA yang berkualitas melalui proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum MIPA yang bermutu mengikuti standar nasional dan internasional.
  2. Menggalang kemajuan penelitian secara terpadu dalam semua aspek keilmuan bidang MIPA yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kemasyarakatan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan aspek keilmuan bidang MIPA berlandaskan tanggungjawab sosial yang besar terhadap kepentingan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, dunia usaha dan industri, dan masyarakat dalam bidang pendidikan dan aspek keilmuan bidang MIPA.
  5. Meningkatkan kualitas staf pengajar dari segi keilmuan, praktek dan metode pengajaran yang memiliki budaya kerja yang nyaman, tanggap, peduli dan bertanggung jawab serta berusaha memberikan pelayanan secara profesional dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan menerapkan sistem manajemen mutu.
  6. Mengembangkan organisasi fakultas yang sehat sesuai dengan tuntutan zaman serta meningkatkan kualitas manajemen yang transparan, standar dan baku yang dapat mendukung kegiatan dan pelayanan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas dan kepribadian yang tinggi, bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional, tangguh, unggul, bermoral, mempunyai jiwa kepemimpinan, berkemampuan tinggi dan mampu bersaing ditingkat nasional dalam mengisi kebutuhan segala aspek serta peranan dalam kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang MIPA dan yang berhubungan dengan MIPA.

Standar Kompetensi Lulusan

  1. Kompeten berfikir logis dan analitis dalam memecahkan masalah pendidikan, pengajaran, dan pengembangan pengetahuan dalam bidang MIPAdengan menggunakan kurikulum MIPA yang bermutu.
  2. Kompeten bekerja mandiri dalam semua aspek keilmuan bidang MIPA yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan masyarakat.
  3. Kompeten mengkomunikasikan ide dan informasi tentang hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan aspek keilmuan bidang MIPA demi kepentingan masyarakat.
  4. Kompeten dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan keahlian menerapkan konsep-konsep MIPA untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam ruang lingkup bidang MIPA secara mandiri.
  5. Kompeten menggunakan teknologi komputer dalam rangka aplikasi ilmu bidang MIPA.
  6. Kompeten melakukan evaluasi, analisis data dan membuat solusi yang efektip untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengembangan ilmu bidang MIPA.
  7. Kompeten merencanakan dan mengorganisasikan aktivitas.
  8. Kompeten beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan masyarakat.

Jurusan dan Program Studi

Saat ini FMIPA UNIMED mengasuh empat jurusan dan masing-masing jurusan mengasuh dua Program Studi. Jurusan Matematika dengan Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Matematika. Jurusan Fisika terdiri dari Prodi Pendidikan Fisika dan Prodi Fisika. Jurusan Kimia terdiri dari Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Kimia. Jurusan Biologi terdiri dari Prodi Pendidikan Biologi dan Prodi Biologi.

Program Bilingual/Kelas Internasional

Peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) merupakan tuntutan globalisasi dalam upaya mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Untuk meningkatkan SDM berdaya saing global, pemerintah telah memberi kesempatan kepada penyelenggara pendidikan untuk perluasan akses membuka sekolah dengan berbagai jenis kategori seperti Sekolah Internasional. Sekolah bertaraf Intemasional (SBI). Sekolah Rintisan Intemasional, Sekolah Bilingual, dan sejenisnya pada berbagai jenjang pendidikan. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan guru bidang Matematika dan Ilmu Pengetabuan Alam (MIPA) yang akan mengajar di Sekolah Menengah (SMP, SMA/SMK/MA) bertaraf intemasional, maka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) sejak tahun akademik 2008/2009 telah membuka Program Bilingual dan Kelas Internasional pada 4 (empat) Program Studi (prodi), yaitu Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Pendidikan Biologi. Program Bilingual adalah program akademik dengan individu yang dapat menggunakan dua kemampuan bahasa (Indonesia dan Inggris), memiliki pemahaman yang tinggi mengenai kompetensi speaking, reading, and writing dalam dua bahasa Pembelajaran (teaching or reading) bilingual meliputi penggunaan dua bahasa dalam kegiatan pembelajaran (teacing and learning instruction). Kelas Intemasional memiliki fasilitas, sumberdaya, kegiatan akademik, dan output lulusan berstandar intemasional.

Tujuan umum Program Kelas Intemasional dan Bilingual FMIPA Unimed adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menempuh pendidikan dengan menggunakna fasilitas belajar di Universitas Negeri Medan sesuai dengan ketentuan Program Kelas Internasional dan Bilingual FMIPA Unimed. Tujuan khusus Program Kelas Intemasional dan Bilingual FMIPA Unimed adalah:

  1. Mencetak calon guru bidang MIPA yang mampu mengajar di dalam dan di luar negeri, khususnya di negara-negara Asia Tenggara dan Australia menggunakan bahasa intemasional,
  2. Mencetak calon guru bidang MIP Ayang mampu mengajar dan mengembangkan karir pada Sekolah Internasional. Sekolah Bertaraf Internasional, Sekolah Rintisan Internasional, Sekolah Bilingual, dan sejenisnya,
  3. Meningkatkan kemampuan lulusan pada penguasaan bidang MIPA dan pembelajarannya untuk dapat melanjutkan studi ke luar negeri.

Rekrutmen calon mahasiswa Program Bilingual/Kelas internasional FMIPA Unimed dilakukan melalui seleksi calon mahasiswa yang berlaku di Unimed, yaitu melalui jalur SNMPTN, dan SLMPTN, di tambah dengan test TOEFL dimana TOEFL calon mahasiswa yang bisa diterima adalah minimal 400. Mahasiswa Program Bilingual / Kelas Internasional FMlPA Unimed dinyatakan lulus dan memperoleh gelar dari Universitas Negeri Medan apabila memenuhi ketentuan yang berlaku di Universitas Negeri Medan sebagaimana yang program pendidikan pada Program Reguler. Predikat kelulusan setelah menyelesaikan program pendidikan pada Program Kelas Internasional dan Bilingual FMIPA Unimed sesuai dengan predikat kelulusan Program Reguler. Ijazah dan transkrip nilai lulusan Program Kelas Internasional dan Bilingual FMIPA Unimed dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pimpinan Fakultas MIPA

  • Dekan FMIPA         : Dr. Asrin Lubis, M.Pd
  • Wakil Dekan I         : Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Sc.  (Bidang Akademik)
  • Wakil Dekan II        : Prof. Dr. Muktar, M.Pd. (Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana
  • Wakil Dekan III       : Drs. M. Yusuf Nasution, M.Si. (Bidang Kemahasiswaan)

Website     : http://fmipa.unimed.ac.id