PENGUMUMAN
Sosialisasi Penilaian

FT UNIMED Perkuat Dosen Susun Sistem Penilaian Berbasis KKNI

MEDAN (Unimed) – Fakultas Teknik Unimed menggelar sosialisasi penguatan sistem penilaian tugas dan ujian berbasis kurikulum KKNI di Ruang Serbaguna Lt. 2 Fakultas Teknik (6/6/2017). Dengan pemateri tunggal Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Tujuan menguatkan kembali komitmen untuk peningkatan kualitas lulusan Unimed, khususnya di Fakultas Teknik.

Prof. Syawal Gultom dalam paparannya menekankan pada penilaian dan peningkatan pada sikap, minat dan bakat mahasiswa, sebelum meningkatkan pengetahuan. Sebagai Universitas dengan moto “the character building university“, Unimed ingin mengembangkan dan membentuk para pendidik yang berkarakter.

Lanjut beliau, penilaian saat ini mengalami degradasi kualitas, karena cara menilainya menggunakan perasaan dan rasa kasihan, bukan penilaian objektivitas. Nilai rendah dibuat menjadi nilai yang tinggi karena perasaan tersebut. Penilaian seperti itu justru membunuh mereka pelan-pelan, baik dari segi pengetahuan, skill maupun masa depan mereka. Kita akan mulai menstandarisasi penilaian dengan memperbaiki input, proses dan outputnya sesuai konsep KKNI yang telah kita terapkan, sehingga penilaian sesuai dengan kompetensi. Bentuk penilaian yang harus kita persiapkan sebelum kuliah nanti harus memperhatikan prinsip-prinsip ; sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, sistematis dan akuntabel. Sehingga akan bermuara pada lulusan yang memiliki kompetensi terukur.

Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. Dekan FT mengatakan akan terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Teknik dengan penguatan sistem penilaian tugas dan ujian berbasis kurikulum KKNI, sehingga lulusan kita dapat berdaya saing baik di kancah nasional maupun internasional. Pertemuan ini sungguh didasari untuk melakukan berbagai perubahan terbaik dalam mempersiapkan perkuliahan semester gasal 2017/2018, sehingga lebih matang, karena hari ini kita telah mendapatkan pemahaman dan persepsi yang sama dalam penyusunan sistem penilaian yang disampaikan oleh Bapak Rektor. Semoga pertemuan ini bermanfaat baik bagi seluruh dosen dalam mempersiapkan perkuliahan kedepan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut WR I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, WR III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., WD I, WD II, WD III, seluruh fungsionaris dan dosen dilingkungan FT Unimed. (Humas Unimed).