PENGUMUMAN
HUT RI

HUT RI Ke-71 Di UNIMED, Rektor Beri Penghargaan Kepada Dosen & Mahasiswa Berprestasi

Medan (Unimed) – Perayaan HUT Ke-71Republik Indonesia di kampus hijau Universitas Negeri Medan dimeriahkan dengan serangkaian berbagai kegiatan. Dari pemilihan dosen dan ketua Prodi berprestasi, mahasiswa berprestasi, menghias kampus serba merah putih, kegiatan PAMB mahasiswa baru dan upacara peringatan HUT RI di lapangan Serbaguna pada rabu, 17 Agustus 2016. Pelaksanaan upacara memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia di Unimed dihadiri oleh ribuan peserta yakni dari Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor, para Dekan, Wakil Dekan, Direktur, Wakil Direktur, Senat Universitas, Guru Besar, Kepala Biro, Kepala dan Ketua Lembaga/Unit, seluruh dosen dan pegawai, ratusan mahasiswa PPG dan SM3T Angkatan VI dan 4655 mahasiswa baru Unimed tahun 2016.

Perayaan upacara HUT RI ke-71 ini dimeriahkan dengan penampilan teater sejarah kemerdekaan RI oleh LKK Teater Unimed, pemberian hadiah bagi mahasiswa baru dalam bentuk doorprez, pemberian hadiah penghargaan kepada dosen yang menerima penghargaan satyalencana dari pemerintah, penghargaan kepada dosen berprestasi, ketua Prodi berprestasi dan mahasiswa berprestasi Unimed. Satu hal yang istimewa bagi warga Unimed di HUT RI ke-71 ini adalah Unimed baru saja pada pegelaran PIMNAS Ke-29 di IPB Bogor telah berhasil mengukirkan sejarah karena beberapa mahasiswa Unimed berhasil meraih Medali Emas dan di nobatkan oleh panitia sebagai Perguruan Tinggi Terbaik 10 Besar Nasional, Terbaik Pertama LPTK Nasional, dan Terbaik Pertama di Pulau Sumatera atas raihan prestasi prestise ini.

dosen-berprestasi

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam membacakan sambutan Menristekdikti RI di acara upacara peringatan HUT RI ke-7i di Kampus Hijau Unimed. “Marilah kita ayunkan langkah bersama untuk bekerja secara nyata meneruskan pembangunan. Hanya melalui kerja nyata, cita-cita mulia bangsa kita sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 dapat diwujudkan yakni dapat berdiri kokoh sebagai bangsa yang berdaulat. Kesadaran akan hal inilah yang mendasari pencanangan Gerakan Nasional “Indonesia Kerja Nyata” dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71”. Marilah kita lanjutkan cita-cita negeri, dan kita isi kemerdekaan ini dengan komitmen dan semangat untuk terus bekerja nyata dalam menumbuh-kembangkan teknologi dan inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi. Kita gelorakan Indonesia Kerja Nyata.

Lanjut Prof. Syawal,  dalam mengisi kemerdekaan ini, saja ajak warga civitas akademika Unimed untuk dapat terus meningkatkan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan Indonesia tercinta. Mari kita terus pupuk diri kita untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan kompetensi diri dalam tugas dan tanggungjawab kita dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian yang menjadi ruh perguruan tinggi. Dalam konteks kekinian yang harus kita lakukan dalam perayaan kemerdekaan Indonesia adalah meningkatkan rasa syukur, memerdekaan diri menjadi insan berbudi luhur, dan meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menopang kemajuan negeri tercinta ini.

mahasiswa-berprestasi

“Merayakan kemerdekaan RI tahun ini di Unimed, ada hal lain yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya, yakni mahasiswa kita ada yang baru saja meraih prestasi yang membanggakan bagi kita semua, yakni meraih Medali Emas di PIMNAS ke-21 di IPB Bogor, dan menempatkan Unimed sebagai Perguruan Tinggi peringkat 10 Besar Nasional, Terbaik pertama LPTK, dan Terbaik pertama di pulau sumatera. Ini prestasi membanggakan bagi warga Unimed dan Sumatera Utara. Dan juga prestasi dosen dan puluhan mahasiswa Unimed dalam bidang olah raga, seni dan budaya yang hari ini kita beri apresiasi secara baik. Semoga pemberian penghargaan dihadapan semua civitas Unimed dapat memicu para dosen dan mahasiswa untuk lebih giat lagi dalam belajar, melakukan berbagai inovasi dan mengejar prestasi ditingkat internasional, nasional dan regional. Kami akan support penuh bagi dosen dan mahasiswa untuk mengejar prestasi tersebut. Hanya raihan prestasilah yang mampu mengangkat nama baik Unimed dan menguatkan pengakuan masyarakat terhadap Unimed.

Mudah-mudahan semangat juang pantang menyerah para pahlawan kemerdekaan Indonesia selalu bergelora dalam diri kita untuk terus merubah diri menjadi manusia terbaik dihadapan Tuhan dan hadapan manusia sekitar sosial kita. Serta mendorong diri kita menjadi insan cerdas dalam berpikir dan berprilaku. Jadikanlah Unimed kampus hijau tercinta kita menjadi lapangan amal ibadah dalam mencerdaskan dan menghantarkan para mahasiswa kita menuju cita-cita terbaik untuk membahagiakan keluarga dan negara. Jayalah negeriku, jayalah Indonesia merdeka, maju terus Unimed nanjaya. (Humas Unimed)