PENGUMUMAN
03

IPG Perlis & FIK UNIMED Tampilkan Permainan Tradisional

MEDAN (Unimed) – Aneka permainan tradisional meriahkan kampus Unimed, permainan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut kedatangan rombongan Intitute Pendidikan Guru (IPG Perlis, Malaysia). Berbagai permainan mulai dari galasin, permainan englek, tek-tek, netball, futsal dan lainnya. Tidak hanya rombongan IPG Perlis saja, namun juga ikatan mahasiswa malaysia di Medan juga mengikuti beragam permainan ini.

Kegiatan ini merupakan program studi tour yang diadakan oleh IPG Perlis. Dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada 21-23 Maret 2017. Dalam rangka mempelajari pendidikan dan budaya di Sumatera Utara dalam meningkatkan kualitas pendidikan guru sekolah dasar di Malaysia. Mereka juga berkeliling Unimed, melihat berbagai fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di Unimed, seperti Digilib, Kolam renang, stadion, dan lainnya. Tidak hanya Unimed, IPG Perlis juga akan berkunjung ke Parapat dan Berastagi untuk mengenal budaya yang ada di Sumatera Utara.

02

Acara penyambutan dilaksanakan pada 22 Maret 2017 di Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed.Turut hadir pada acara tersebut, WD 1 FIK Drs. Suharjo, M.Pd. dan WD 3 FIK Drs. Mesnan, M.Kes, serta puluhan Dosen FIK Unimed dan Dosen IPG Perlis Malaysia, serta ratusan mahasiswa Malaysia dan Indonesia.

01

WD III FIK Mesnan mengatakan kunjungan ini sebenarnya sangat penting bagi kita, selain silaturahmi dengan jiran negara tetangga. Mereka juga membawa dan memperkenalkan permainan tradisional dari Malaysia, seperti Netball, Galasin, dan permainan Tek tek. Pertukaran budaya melalui permainan olahraga yang diperkenalkan menambah bentuk-bentuk permainan olahraga yang dapat dikembangkan di sekolah dasar untuk mengembangkan motorik anak. Pertukaran budaya dalam bentuk permainan tradisional kedua negara ini, mudah-mudahan akan memperkuat jalinan busaya antara Indonesia dan Malaysia, serta mempertahankan budaya yang tak bernilai ini karena jika kita tidak perkuat bisa saja akan punah. Lebih lanjut ujar beliau, kita berharap akan ada kunjungan balasan yang dilakukan Unimed ke Malaysia. Nantinya akan kita persiapkan permainan tradisional khas Sumatera Utara dan Indonesia pada umumnya disana. Sesuai dengan visi Unimed “menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya”, FIK Unimed akan memperkenalkan budaya melalui olahraga.

04

Fuad, salah seorang mahasiswa Unimed yang ikut menyaksikan penampilan permainan tradisional dari Malaysia merasa senang dan bangga, karena masih ada generasi muda yang peduli terhadap budayanya sendiri. Semoga mahasiswa Unimed dan khususnya mahasiswa Indonesia akan ikut serta dalam mempertahankan tradisi budaya Indonesia, khususnya permainan tradisionalnya. Jika tidak generasi muda, siapa lagi yang peduli dan prihatin terhadap kepunahan budaya sendiri. Semoga acara seperti ini dapat menyadarkan mahasiswa sebagai agent of change bagi kemajuan budaya tradional di Indonesia.  (Humas Unimed)