PENGUMUMAN
Isra Mi raj

Isra’ Mi’raj di FBS Lahirkan Komitmen Untuk Gelorakan Kegiatan Keislaman

MEDAN (Unimed) – Perayaan Isra’ Mi’raj 1438 H yang digelar oleh Civitas Fakultas Bahasa dan Seni Unimed dihadiri oleh ribuan mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen. Perayaan ini dilaksanakan di Pendopo FBS Unimed pada jum’at, 28 April 2017. Setiap tahunnya kegiatan keislaman aktif di gelar dengan memberikan kepercayaan kepada mahasiswa yang dimotori oleh Senat mahasiswa fakultas dan jurusan. Setiap tahunnya ada ragam inovasi yang berhasil dikreasikan oleh mahasiswa FBS. Dekan FBS juga merasa bangga atas beragam kreasi acara yang digelar, apalagi dihadiri oleh ribuan civitas FBS. Semua fungsionaris juga aktif membantu dan mensukseskan acara. Hadir Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, Wakil Dekan I Dr. Wahyu Triatmojo, M.Hum, Wakil Dekan II Drs. Basyaruddin, M.Pd, serta seluruh fungsionaris dilingkungan FBS.

Tema yang diangkat dalam perayaan isra’ mi’raj kali ini adalah “melintasi 1000 tahun cahaya”. Acara ini juga dirangkaikan dengan penyambutan bulan suci Ramadhan 1438 H. Dengan mengundang penceramah Ustaz H. Imamul Authan Nur, Lc. MA.

Isr Mi raj FBS

Dr. Isda Pramuniati, M.Hum, dalam arahannya mengatakan rasa haru dan bangga karena perayaan isra’ mi’raj di FBS kali ini dihadiri oleh ribuan mahasiswa, dosen, pegawai civitas Unimed. Semoga ini mencerminkan kesadaran, gairah dan semangat kita berislam semakin maju. Jika seluruh civitas Unimed semua gairah beragamanya meningkat, maka aktivitas akademik dikampus kita pasti dapat diselaraskan untuk menghasilkan rasa tanggungjawab bagi dosen dan pegawai dalam melaksanakan tugas. Sedangkan bagi mahasiswa akan lebih mudah diarahkan untuk memiliki semangat belajar dan menjadi lulusan yang tangguh.

Lanjut Dr. Isda, kita berharap perayaan Isra’ Mi’raj yang kita gelar ini semoga dapat menambah ilmu keislaman kita yang akan mendorong untuk terus berinovasi untuk kejar prestasi. Hakekat perayaan ini adalah ibadah sholat wajib lima waktu bagi kita muslim. Melalui forum ini mari kita jadikan sholat sebagai penolong hidup kita, karena sesibuk apapun aktivitas kita setiap harinya, jika kita melalaikan melaksanakan sholat maka hidup ini akan tidak tentu arah. Ibadah sholatlah yang akan mendorong kita untuk terus berbuat yang terbaik dalam hidup ini. Pelaksanaan sholat dan gerakan-gerakannya, jika kita telusuri sungguh memiliki makna yang tak tertandingi dari sisi kedokteran untuk menuju hidup sehat. Hampir semua gerakan dan aktivtas sholat itu memiliki manfaat untuk kesehatan kita.

Diakhir sambutannya beliau mengajar warga civitas FBS untuk menyambut bulan suci ramadhan 1438 H dengan penuh kegembiraan dan persiapkan diri yang baik untuk komit menjaga ibadah-ibadah yang akan kita laksanakan nantinya. selama bulan ramadhanlah jiwa kita di tempa untuk menjadi muslim yang paripurna. Dalam artian berhasil menghantarkan diri meraih sukses dunia dan sukses akhirat. Mari kita bersama untuk gelorakan kegiatan keislaman di FBS ini, agar nilai-nilai ibadah yang kita laksanakan dapat disinergikan dalam aktivitas akademik untuk menuju produktivitas karya yang lebih inovatif.

Ustazd H. Imamul Authan Nur, Lc. MA dalam ceramahnya mengungkapkan adapun hikmah dari peristiwa mi’raj dimana Nabi Muhammad SAW mendapatkan hiburan dari Allah karena isteri terkasih Siti Khadijah dan paman beliau Abu Tholib meninggal dunia, jadi jiwa Rasul sedang bersedih. Kemudian beliau langsung menghadap Allah untuk menerima wahyu perintah shalat lima waktu. Tidak ada satu wahyupun yang beliau terima menurut sejarah. Ini menerangkan begitu pentingnya setiap muslim mengerjakan ibadah shalat dalam kehidupannya. Sebaik-baik muslim sejati adalah muslim yang taat mengerjakan ibadah shalat. Unimed akan maju dan jaya jika umat muslimnya taat dan patuh mengerjakan perintah Allah, terutama ibadah shalat.

Lanjutnya, ibadah shalat sesungguhnya menjadi kenikmatan islam yang harus kita syukuri, karena dengan shalat yang kita kerjakan. Allah memberikan ruang kita untuk memenuhi kebutuhan ruhani kita sebagai hamba dan menjadi media komunikasi langsung kita kepada Allah. Kenikmatan islam ini harus kita jadikan pendorong jiwa untuk membentuk diri menjadi jiwa islam yang selalu melestarikan nilai-nilai kebaikan dalam aktivitas akademik di kampus ini. Semoga kita akan dipertemukan Allah dalam kenikmatan di surgaNya. (Humas Unimed).