PENGUMUMAN
Rapat Koordinasi PPLT 2

Jelang PPLT 2017, UNIMED Jalin Kerjasama dengan 188 Sekolah Mitra

Medan,18/8. Universitas Negeri Medan menggelar rapat koordinasi pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) dan penandatanganan memorandum of activity (MoA) dengan sekolah mitra yang diselenggarakan di lantai IV Gedung  Digital Library 18 Agustus 2017. Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, turut hadir dan menyaksikan MoA adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dr. Arsyad Lubis, MM, Para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dilingkungan Unimed. Hadir juga ketua UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, para koordinator dosen DPL dan 188 Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK dari Kota Medan, Kab. Deli Serdang, Kab. Karo, Kab. Sibolga dan Kota Tebing Tinggi.

Kerjasama ini di lakukan sebagai langkah awal pelaksanaan PPLT bagi mahasiswa Unimed semester tujuh. Pelaksanaan PPLT diharapkan sebagai langkah mempersiapkan calon-calon guru yang propesional melalui mahasiswa Unimed yang akan melaksanakan PPLT mulai 28 Agustus 2017. Diharapkan MoA ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat saling bersinergi antara Unimed dan sekolah mitra.

Pada sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Pemprovsu, DR. Arsyad Lubis, MM, menekankan akan pentingnya kualitas sekolah untuk memperbaiki pendidikan di indonesia khususnya Sumatera Utara. Provinsi Sumatera Utara adalah propinvsi terbesar ke 4 se-Indonesia. Seharusnya dengan luas wilayah yang besar Sumatra Utara dapat memperoleh prestasi yang besar pula. Minimal juara 4 setiap kompetisi kesiswaan dari seluruh Indonesia, namun pada kenyataannya kita selalu tertinggal dari propinsi lain. Kita berupaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui sekolah.

Rapat Koordinasi PPLT

Lanjut beliau, MoA ini sangat baik sekali karena dengan melibatkan Unimed kita berupaya membenahi sistem pendidikan di sekolah. Kerjasama ini sebagai langkah produktif untuk mensinergikan pola belajar yang selama ini dilakukan oleh para guru di sekolah dan akan dibantu para mahasiswa Unimed dalam PPLT nantinya. Kita berharap para kepala sekolah dapat bekerjasama dengan mahasiswa Unimed dalam membangun sekolah yang unggul dan maju, terutama meningkatkan prestasi siswa-siswa dikejuaraan nasional dan internasional. Dengan adanya MoA ini akan memberikan manfaat bagi Unimed dan sekolah yang dituju. Kedepan kita juga akan menggangkat kepala sekolah melalui seleksi terbuka yang melibatkan PTN, karena sekolah yang baik ditentukan oleh pimpinannya, kalau pimpinannya baik maka sekolah itu juga kan jadi baik.

Senada dengan Kadis Pendidikan Provsu, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan akan pentingnya kualitas pendidikan di Indonesia, terkhusus di Sumatera Utara. Untuk memajukan pendidikan disuatu negeri harus kita mulai dari gurunya, karena tidak ada kemajuan suatu bangsa melebihi kemajuan pendidikannya dan tidak ada kemajuan pendidikan melebihi kemajuan gurunya. Guru adalah unsur penting dalam memajukan pendidikan. Atas dasar itu, Unimed siap dan berkomitmen untuk bergandengan tangan erat dengan Dinas Pendidikan dan seluruh pemangku kepentingan agar pendidikan di SUMUT bisa maju dan membanggakan.

Beliau juga menyampaikan “MoA dengan sekolah mitra ini bertujuan untuk menghasilkan guru yang profesional, dan hal itu tidak mungkin tercipta jika tidak ada kerjasama kita semua. Semoga mahasiswa UNIMED yang akan PPLT di sekolah bapak/ibu yang kepala sekolahnya hadir pada saat ini diterima dengan baik dan jadikanlah mereka adik bagi bapak/ibu. Jika sudah abang dan kakak yang menerima para adiknya, maka sudah cair suasana hubungan tersebut. akhirnya akan mudahlah terjalin hubungan harmonis yang membangun. Mahasiswa Unimed yang akan PPLT ini sudah memiliki kompetensi pengetahuan, skill dan sikap yang baik, sehingga kita berharap nantinya kehadiran mereka dapat membantu pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang lebih menyenangkan dan mendongkrak gairah belajar para siswa. Mari kita bangun negeri ini melalui sekolah. Semoga harapan kita bersama akan tercapai pada waktu yang kita dambakan nantinya”(Humas Unimed).