PENGUMUMAN
STKIP Labuhan Batu

Jurusan PPKn FIS Unimed Menerima Kunjungan Studi Banding STKIP Labuhanbatu

MEDAN (Unimed) – Jurusan PPKn FIS Unimed menerima kunjungan Prodi PPKn STKIP Labuhanbatu dalam rangka Studi Banding terkait Inovasi Pembelajaran PPKn di Jurusan PPKn FIS Unimed, Senin (8/5). Prodi PPKn STKIP membawa 29 orang mahasiswa dan 3 dosen pendamping yang dipimpin oleh sekretaris Prodi PPKn STIKP Labuhanbatu.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan pertemuan di Aulu FIS UNIMED. Acara di buka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd yang dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan dan berharap tidak hanya sebatas kunjungan biasa namun menjadi kunjungan untuk menjadi awal kerjasama yang baik kedepannya.

Lebih lanjut Nurmala menyampaikan, kerjasama antar jurusan penting terutama untuk saling saling berbagi informasi terkait kemajuan jurusan masing-masing.

Sementara itu Ketua Jurusan PPKn FIS Unimed Dr. Reh Bungana beru PA, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa jurusan PPKn FIS Unimed sangat antusias menerima kunjungan ini dan berharap kunjungan ini akan membawa dampak positif dan sinergitas antara ke dua Prodi untuk pengembangan Ilmu Kewarganegaraan ke depannya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Prodi PPKn STKIP, Agus Anjani, S.Sos., M.Si yang menyampaikan rasa terimakasih atas penyambutan dan penerimaan yang begitu luar biasa dari segenap keluarga besar Jurusan PPKn FIS Unimed. Ia menjelaskan bahwa kunjungan ini sebenarnya juga terkait dengan adanya keinginan prodi untuk berbagi informasi terkait akreditasi Prodi ke depannya. Agus menginformasikan bahwa saat ini Prodi PPKn STKIP Labuhanbatu sedang dalam proses akreditasi dan membutuhkan pengalaman Jurusan PPKn FIS Unimed sebagai Prodi PPKn pertama di luar pulau Jawa yang mendapatkan nilai akreditasi A.

Kunjungan ini terbagi menjadi dua sesi yakni tanya jawab terkait inovasi pembelajaran yang terjadi di Jurusan PPKn FIS Unimed dan melihat proses pembelajaran di kelas dan di Laboratorium PPKn FIS Unimed.

Diskusi tentang inovasi pembejaran dipandu oleh Arief Wahyudi, S.H.,M.H selaku sekretaris Jurusan PPKn FIS Unimed. Dalam paparanya Arief menjelaskan tentang inovasi proses pembelajaran termasuk penjabaran tentang implementasi kurikulum berorientasi KKNI di Jurusan PPKn FIS Unimed. Arief juga menjelaskan tentang implementasi 6 bentuk penugasan yang terdiri dari Tugas Rutin, Critical book Review, Jurnal Review, Mini Riset, Rekayasa Ide dan Project Citizen.

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan tanya jawab dan sharing antara dosen dan mahasiswa PPKn FIS Unimed dengan dosen dan mahasiswa prodi PPKn STKIP Labuhabatu. Pertanyaan yang diajukan terkait proses pembelajaran di Jurusan PPKn Unimed. Seperti yang ditanyakan Junita, mahasiswi Prodi PPKn STKIP Labuhanbatu yang menanyakan tentang bagaimana proses belajar dan bagaimana membagi waktunya. Dalam hal ini Rulianto Hutabarat selaku mahasiswa semester II PPKn FIS Unimed menjelaskan bahwa “belajar PPKn itu asik karena hampir semua ilmu kita kuasai diantaranya hukum, politik, pendidikan dan bahkan ada tentang jurnalistik. Kalau untuk membagi waktu memang awalnya agak sulit terutama  dengan adanya 6 tugas wajib, namun seiring berjalannya waktu semua dapat disesuaikan tergantung cara kita melihat tugas dan kuliah itu seperti apa. Selain itu dosen-dosen di jurusan juga sangat mengapresiasi tugas kami.”

Setelah dilakukan diskusi dan tanya jawab acara dilanjutkan dengan melihat langsung proses pembelajaran di kelas dan kegiatan di laboratorium Jurusan PPKn FIS Unimed. Acara ini diakhri dengan foto bersama. (Humas Unimed)