PENGUMUMAN
Kuliah Umum Penulisan Sejarah

Jurusan Sejarah FIS Gelar Kuliah Umum “Colonial Heritage”

Medan – Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Unimed menggelar kuliah umum dalam bentuk seminar di Ruang Sidang Lt III Unimed, pada 24 Agustus 2017. Hal ini bertujuan meningkatkan mutu dan kualitas SDM mahasiswa jurusan pendidikan sejarah dalam melakukan pembelajaran dan kajian sejarah yang lebih akomodatif terhadap realitas dimasyarakat. Kuliah umum tersebut mengangkat tema “Colonial Heritage dalam Bingkai penulisan sejarah Indonesia” menghadirkan dosen dn ilmuwan Sejarah Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Dr. Sri Margana, M.Hum., M.Phill.

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FIS, Dra. Nurmala berutu, M.Pd., Turut hadir Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah Dr. Ida Tanjung, dosen-dosen Sejarah, dan ratusan mahasiswa dari jurusan pendidikan sejarah dan prodi antropologi.

Pada sambutannya, Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. berharap setelah acara ini mahasiswa sejarah dapat menambah wawasan sejarah dan membangun Nasionalisme. Kami sangat mengharapkan Bapak Dr. Sri Margana, M.Hum., M.Phill. bisa membuka wawasan mahasiswa sehingga lebih mengenal peninggalan-peninggalan sejarah lokal (Sumatera Utara) yang semakin terpinggirkan dan tidak terawat oleh pemerintah dan masyarakat. Melalui seminar ini kita berharap pemahaman dosen dan mahasiswa bisa lebih berkembang dan termotivasi untuk menggali fakta-fakta sejarah lokal Sumut untuk digali kembali. Selanjutnya kita bersama dapat melakukan berbagai riset untuk penguatan materi perkuliahan.

Kami berharap Jurusan Sejarah dapat menggali materi ajar buku-buku sejarah yang ada di sekolah dan dapat memberikan masukn yang positif bagi pemerintah untuk perbaikan dan pengembangan materi ajar sejarah di sekolah. Di Sumut kita harus jadi yang terdepan dalam menganalisis materi ajar sejarah agar dapat membangun jiwa nasionalisme yang tinggi sehingga kecintaannya kepada negara makin kokoh.

Suhardi salah seorang mahasiswa sejarah yang ikut seminar tetsebut mengatakan, seminar ini sangat menarik materinya, kami sungguh tergugah, semoga akan lahir pengetahuan baru buat kami mahasiswa sejarah dan kami terdorong untuk melakukan berbagai riset dalam menggali fakta-fakta sejarah lokal Sumut agar tidak punah. Terima kasih kepada Jurusan yang telah memprakarsai seminar ini. Semoga akan aktif melakukan seminar seperti ini dengan menghadirkan ilmuwan sejarah dari kampus terbaik negeri ini. Kita sungguh harus malu karena fakta-fakta sejarah justru ada diluar Indonesia dari orang asing pula yang lebih faham dengan sejarah kita. Sementara calon ilmuwan Indonesia ternina bobokan oleh kesibukan yang tidak menentu.
(Humas Unimed).