PENGUMUMAN
Pelatihan Kepemimpinan 2

Kembangkan Kapasitas, Prof. Satrio S. Brojonegoro Latih Pimpinan Unimed

MEDAN  – Unimed menggelar Lokakarya Pengembangan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi selama dua hari 13-14 November 2017 di Ruang Washington JW Marriott Hotel Medan. Pemateri tunggal selama dua hari tersebut adalah Prof. Satrio Sumantri Brojonegoro, seorang Guru Besar ITB dan mantan pejabat publik yang memiliki segudang pengalaman. Hadir sebagai peserta lokakarya seluruh pimpinan Unimed yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para wakil rektor, dekan, direktur PPs, wakil dekan I, wakil direktur I, dan ketua lembaga diligkungan Unimed.

Materi yang disampaikan Prof. Satrio Sumantri Brojonegoro selama dua hari adalah : 1). Manajemen Pengetahuan, 2). Pengaruh dan Implementasi Kebijakan, 3). Kebijakan Berbasis Pengetahuan. 4). Prinsip Tatakelola Perguruan Tinggi, 5). Aset Perguruan Tinggi, 6). Manajemen Fakultas/Jurusan, 7). Strategi Implementasi Kebijakan Perguruan Tinggi.

Tujuan dari lokakarya bagi pimpinan Unimed adalah pengembangan kapasitas kepemimpinan untuk mencapai perguruan tinggi yang bermutu, berdaya saing dan maju. Selain itu menyatukan persepsi antar pimpinan, untuk melangkah bersama dalam memajukan kampus hijau Unimed menjadi universitas unggul berkelas dunia (world class university).

Pelatihan Kepemimpinan 3

Dalam sambutan dipembukaan, Prof. Syawal Gultom, mengatakan, lokakarya yang kita gelar selama dua hari ini sangat penting kita ikuti, kita sudah undang tokoh nasional yang memiliki segudang pengalaman dan wawasan dalam pengembangan pendidikan tinggi. Prof. Satrio Sumantri Brojonegoro merupakan mantan Dirjen di Kemendikbud yang sukses mengembangakan sistem pendidikan saat itu, termasuk di pendidikan tinggi. Kita akan gali ilmu, wawasan dan pengalaman beliau untuk kita ambil dalam memajukan kampus Unimed tercinta menjadi kampus yang maju dan berkelas dunia. “saya mengajak Bapak/Ibu seluruh pimpinan Unimed untuk mengikuti acara ini full selama dua hari, karena saya percaya akan banyak yang dapat kita dapatkan dari mengikuti lokakarya ini. Mari fokuslah kita memanfaatkan kegiatan ini untuk pengembangan kapasitas kita sebagai pemimpin, guna memajukan kampus kita menjadi kampus yang berdaya saing”.

Prof. Satrio Sumantri Brojonegoro, mengawali materinya dengan memaparkan cita-cita perguruan tinggi yakni ; otonom dan akuntabel sehingga mampu mensejahterakan bahsa dan negara, pemerintah wajib mendanai perguruan tinggi yang otonom dan akuntabel karena tugas pemerintah adalah mensejahterakan bangsa dan negara, otonomi akademik dan otonomi non-akademik tidak bisa dipisahkan, harus utuh sebagai satu kesatuan, Indonesia dengan keberagaman yang sangat tinggi memerlukan penanganan agar perguruan tinggi nya otonom dan akuntabel dan pembiayaannta oleh pemerintah.

Jika perguruan tinggi mau maju dan unggul, pemimpinnya harus berani dan mau berbuat untuk kemajuan kampus. Ribuan konsep dalam memajukan kampus dapat kita miliki dari berbagai sumber, hanya saja kemauan dan keberanian pimpinan kampus lah yang harus segera merancang yang terbaik dan menjalannya, tutup beliau. (Humas Unimed).