PENGUMUMAN
Dokumen Paten

KEMRISTEKDIKTI Gandeng UNIMED Rancang Klinik Peningkatan Mutu Dosen

Medan – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, melalui Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan menggandeng Lembaga Penelitian (LEMLIT) Unimed dalam merancang klinik peningkatan mutu dosen dan penyusunan dokumen, manuskrip dan Paten/KI dalam bentuk workshop yang menghadirkan 34 perwakilan dosen ahli PTN/PTS dari Medan Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Palembang Sumatera Selatan, Pekan Baru Riau, dan Banda Aceh NAD. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor IV Unimed Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, ini dilaksanakan di Garuda Plaza Hotel pada 26-27 September 2016. Panitia workshop ini menghadirkan narasumber ahli yakni : Prof. Fili Pratama (UNSRI), Prof. Didik Sulistiyanto (Univ. Jember), Prof. Sugiyono Moeljopawito (Kementan) dan Prof. Juldin Bahriansyah (Kemkumham), dan Ibu Desmelita (Kemristekdikti). Turut hadir Ketua LEMLIT Unimed Prof. Motlan Sirait, M.Sc. Ph.D, sekretaris LEMLIT Dr. Martina Restuati, M.Si,

Kebijakan Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat untuk kegiatan Program Riset Terapan pada Perguruan Tinggi merupakan kebijakan strategis untuk mencapai tujuan utama, yaitu terbangunnya Pengembangan Penelitian Perguruan Tinggi yang mandiri dan mampu, berdaya saing serta terwujudnya hal penelitian yang dapat langsung dipergunakan oleh Industri dan Masyarakat pengguna baik di tingkat lokal (perguruan tinggi) maupun nasional serta Internasional.

Dalam menjalankan peran tersebut, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat berkerjasama dengan Universitas Negeri Medan, berupaya mewujudkan program-program unggulan pada perguruan tinggi di Indonesia melalui kebijakan Program Riset Terapan di perguruan tinggi yang meliputi Klinik Peningkatan Mutu Dosen Dalam Penyusunan Dokumen, Manuskrip dan Paten/KI Tahun 2016, untuk menjaga kebaruan dan langkah inventif suatu hasil penelitian dan pengembangan IPTEKS maupun perlindungan hasil-hasil penelitian dan pengembangan IPTEKS dengan penyiapan dokumen untuk mempercepat menuju hilirisasi penelitian.

Peningkatan Mutu Dosen

Khusus penelitian dan pengembangan di bidang sain dan teknologi, salah satu hal mendasar yang harus dipahami oleh peneliti untuk mendapatkan manfaat dari sistem paten/KI, adalah kemampuan mencari informasi paten terdahulu sebagai referensi kebaruan dan langkah inventif serta kemampuan mengungkapkan karya yang inovatif dalam suatu format dokumen paten/KI.

Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan Klinik Peningkatan Mutu Dosen dalam Penyusunan Dokumen, Manuskrip dan Paten/KI, untuk menjaga kebaruan dan hasil-hasil penelitian dan pengembangan IPTEKS dalam menyiapkan calon peneliti untuk dapat menyiapkan draf paten/KI.

Sasaran kegiatan ini yakni ; a) meningkatkan wawasan dan keahlian peneliti perguruan tinggi di daerah untuk dapat mendorong dan mengembangkan kemampuan melakukan penyusunan dokumen, manuskrip dan paten/KI di masing-masing perguruan tinggi, b) meningkatnya keterampilan peneliti/dosen dalam memanfaatkan sistem informasi paten/KI agar kegiatan penelitian dapat berorientasi pada penyusunan dokumen paten/KI, c) meningkatnya keterampilan peneliti/dosen dalam penyusunan dokumen spesifikasi paten/KI (deskripsi paten), dan d) meningkatnya jumlah pengetahuan peneliti/dosen pada penyusunan dokumen, manuskrip dan paten/KI, yang telah siap untuk mengajukan permohon paten di perguruan tinggi.

Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, dalam sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Unimed dan DirjenPenguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti dalam merancang Klinik Peningkatan Mutu Dosen dalam Penyusunan Dokumen, Manuskrip dan Paten/KI Tahun 2016 ini merupakan bentuk kepercayaan pemerintah terhadap kinerja dan prestasi Unimed dalam hal penelitian dan pengabdian. Pimpinan Unimed bersama seluruh civitas mengucapkan rasa syukur atas beberapa capaian yang kita raih, sehingga pemerintah memberikan kepercayaan kepada Lemlit Unimed untuk menjadi pelaksana kegiatan ini. Kita berharap kegiatan workshop ini akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah dalam merancang klinik peningkatan mutu dosen dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan penyusunan dokumen, manuskrip dan Paten/KI. Sehingga dapat mendorong semua dosen di Indonesia terus dapat meningkatkan kinerja hasil penelitian dan pengabdian hingga sampai menghasilkan Hak Paten.

Lanjut Prof. Manihar, kami pimpinan Unimed mengucapkan selamat datang di kota Medan bagi semua narasumber dan peserta yang merupakan perwakilan dari PTN/PTS di wilayah Sumatera. Semoga pertemuan ini membawa pengembangan dan peningkatan publikasi ilmiah dosen, serta meningkatnya dosen yang memiliki Paten dari hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakatnya. (Humas Unimed).