PENGUMUMAN
DPR RI

Komisi X DPRRI Berangkatkan Guru Sijunjung Ke UNIMED Guna Tingkatkan Mutu

SIJUNJUNG –  H. Endre Saifoel Komisi X DPR-RI yang konsen pada Bidang Pendidikan dan dan kebudayaan serta pendidikan tinggi akan memberangkatkan guru dan kepala sekolah serta pengawas yang ada di kabupaten Sijunjung untuk melakukan study komperasi ke Universitas Negeri Medan (UNIMED) dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan yang ada di Sumatera barat.

Hal tersebut terungkap disela-sela  kegiatan penutupan diseminasi teknologi alat bantu media pembelajaran  yang dilaksanakan pada Sabtu Mulai 05 Oktober – 04 November 2017)  dengan mengambil tempat di Aula SD Negeri 14 Kecamatan Tanjung Gadang  Sijunjung Sumatera Barat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut  anggot Komisi X DPR-RI H. Endre Saifoel , Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat H. Evel Murfi, ST, Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME yang diwakili Sekertaris LPM Mukti Hamjah, M.Si, Koordinator Kewirausahaan  dan  Teknologi Tepat Guna Deo Demonta Panggabean, Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung yang diwakili oleh Datuk Mahiddin, S.Pd, Muspika Kecamatan Tanjung Gadang, Kanit Intel Polsek Tanjung Gadang, Koordinator Program Irfandi, M.Si serta ratusan peserta yang meliputi Guru dan Kepala Sekolah di Kecamatan Tanjung gadang.

Dalam amanatnya H. Endre Saifoel yang akrab di sapa H. Wen mengungkapkan bahwa, pendidikan menjadi pilar terpenting pada kemajuan sebuah bangsa. Karena dengan pendidikan yang mumpuni akan mampu membangun  sebuah peradaban dengan high teknology dan high Quality. karena Dengan melihat data yang ada dari tim dilapangan Kabupaten Sijunjung sangat memerlukan pendampingan dalam hal peningkatan kualitas pendidikan dengan kekurangan-kekurangan yang ada akan diberikan solusi agar kekurangan tersebut dapat menjadi sebuah keunggulan.

“Banyak aspirasi masyarakat yang peduli dengan pendidikan meminta untuk jaringan listrik dan internet agar tidak sering mati dan mudah diakses. akan tetapi karena perangkat listrik yang ada di kabupaten Sijunjung merupakan perangkat rantusiasme dan masih dalam masa perbaikan hal ini tidak terhindarkan. akan tetapi dengan kelemahan tersebut guru harus kreatif apalagi setelah diberikan workshop Diseminasi Teknologi Media Pembelajaran agar guru dapat manfaatkan benda yang ada di alam dan barang bekas sebagai media pembelajaran yang real”, ujar politisi yang memiliki suara dominan di Sumbar.

Ditambahnya lagi, dengan terbentuknya kreatifitas guru dan sekolah ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di Sijunjung dan pendidik akan unggul dengan hasil kreasinya hal inilah yang menjadikan kekurangan menjadi sebuah kelebihan yang tidak dimiliki oleh daerah yang lain. “Dan karena begitu antusiasnya guru dalam mengikuti pelatihan dan telah mampu membuat media pembelajaran dan video pembelajaran maka saya akan berangkatkan Guru, kepala Sekolah dan Pengawas  di Kabupaten Sijunjung untuk memperdalam kemampuan dan kualitasnya kekampus UNIMED yang menjadi Barometer Pendidikan Di Sumbagut dan kita akan gandeng Unimed untuk melakukan pendampingan dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan di Sumbagut”, Pungkas tokoh peduli pendidikan tersebut

menanggapi hal tersebut Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME yang diwakili Sekertaris LPM Mukti Hamjah, M.Si, mengungkapkan bahwa, LPM Unimed merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari Risbang dan DPR-RI dalam hal pendampingan peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Sumbagut. Karena selama ini LPM Unimed sudah melakukan kegiatan keberbagai daerah yang ada di Sumatera, Aceh, Riau dan Sumatera Barat .

Dengan hal ini maka akan menjadi spirit tersendiri dalam mengejawantahkan Visi Misi Unimed yang selalu didengung-dengungkan oleh Rektor Unimed Sebagai Kampus The Character Building.” Dan LPM Unimed Siap untuk menerima dengan tangan terbuka Kedatangan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas untuk menimba pengetahuan lebih di kampus Unimed”, ujar mukti.

Pada akhir  kegiatan tersebut juga H. WEn juga Menyerahkan bantuan berupa Laptop dan LCD Proyektor kepada guru-guru yang telah berkopetisi dalam pembuatan Media Pembelajran dan Video pembelajaran yang terbaik, sehingga guru juga mampu membuat media pembelajaran secara multi media dan memudahkan penyampaian kepada siswa. tidak hanya itu LPM Unimed Juga memberikan bantuan sebanyak 65 alat peraga IPA yang telah diajarkan kepada guru mulai dari Rencana Kerja Kegiatan belajar mengajar, pembuatan hingga penggunaan konsep alat kepada guru dalam bentuk peer teaching dan real teaching. (Humas Unimed).