PENGUMUMAN
Sejarah Sisingamangaraja XII

Kuliah Umum FIS : Sejarah dan Makna Pusaka Sisimangaraja XII

Medan – Jurusan pendidikan sejarah Fakultas Ilmu Sosial Unimed menggelar kuliah umum dengan mengangkat tema “makna temuan terbaru benda-benda pusaka Sisimangaraja XII”. Dengan menghadirkan dosen dari University of Hawaii, USA, Prof. Dr. Uli Kozok., penggiat budaya batak Drs. Nelson Lumban Toruan, M.Si. Kegiatan berlangsung di Digital Library Unimed Lantai IV, pada 18 oktober 2017.  Hal ini guna meningkatkan mutu kualitas sumber daya mahasiswa jurusan pendidikan sejarah dalam melakukan pembelajaran dan kajian-kajian tentang sejarah yang lebih realitas di lingkungan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan mengeksplore benda-benda pusaka yang ompu Raja Sisimangaraja XII yang di simpan di Museum Aan De Stroom di Belgia. Melalui kuliah umum ini di harapkan mahasiswa jurusan pendidikan sejarah dan masyarakat mMedan secara umum dapat mengenal lebih jauh sejarah Sisimangaraja XII, Sebagai tokoh spiritual dan pemimpin masyarakat Sumatera Utara melalui kajian-kajian lokal.

Acara tersebut di buka oleh ketua panitia Dr. Folres Tanjung, M.A selaku wakil dekan II FIS. Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., moderator acara Dr. Phil Ichwan Azhari, MS., dosen-dosen jurusan sejarah FIS,  ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Unimed, USU, PPG, Komonitas Parmalim, Keluarga Ompu Raja Sisimangaraja XII, Guru-Guru SMA dan SMP, BPPRD, UMSU, Historical Sumut dan Sastrawan.

Ketua panitia Dr. Flores Tanjung, M.A berharap setelah acara ini berlangsung mahasiswa sejarah dapat menambah wawasan sejarah dan membangun nasionalisme. Kami sangat berharap kuliah umum ini nantinya dapat membuka wawasan mahasiswa sehingga lebih mengenal peninggalan-peninggalan sejarah lokal yang semakin terpinggirkan.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam sambutannya sangat antusias dan kuliah umum ini nantinya dapat menambah wawasan dan menginspirasi para dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan wawasan sejarah dan peninggalan-peninggalan sejarah yang ada. Melalui seminar ini kita berharap pemahaman dosen dan mahasiswa bisa lebih berkembang dan termotivasi untuk menggali fakta-fakta sejarah untuk di gali kembali. Saya berharap jurusan sejarah dapat menggali sejarah-sejarah dan mengembangkan materi ajar dalam menganalisis kajian sejarah lebih mendalam. (Humas Unimed).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>