PENGUMUMAN
LPM

LPM UNIMED Gelar Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat

Medan – Dalam rangka meningkatkan peran serta kampus hijau Unimed terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi dan tarap hidup masyarakat. Lembaga Pengabdian Masyarakat Unimed menggelar Seminar Nasional sebagai ajang para dosen-dosen yang telah berhasil mengabdikan dirinya kepada masyarakat dalam berbagai hal kegiatan produktif. Tema seminar nasional kali ini mengangkat “Akselerasi produktivitas UMKM dan Koperasi Berbasis Lokal Berstandar Globar Interpreneurship; Sinergi Inovasi dan Teknologi dalam penciptaan daya saing komoditas unggul lokal”.

Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SNPM) yang digelar di Radisson Hotel Medan 15 September 2017 ini dihadiri oleh Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UMKM Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc, Dirjen Penguatan Ristek dan Pengembangan Dr. M. Dimyati, M.Sc, seluruh pimpinan Unimed, mitra kerja LPM Unimed dan ratusan dosen yang telah berhasil melakukan pengabdian kepada masyarakat di tahun 2017.

Tujuan diselenggarakannya SNPM ini untuk membuka wawasan guna mengembangkan UMKM untuk dapat bersaing secara nasional. Seminar ini juga memberikan kesempatan bagi para pemakalah yang merupakan akademisi dan praktisi untuk mendiseminasikan hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat atau kajian kritis terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Hasil dari diseminasi ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih pemikiran yang kritis guna meningkatkan kualitas UMKM dan koperasi di Indonesia, demikian ujat Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, mewakili Rektor Unimed mengatakan mengatakan dalam sambutannya, kita patut syukuri karena kita masih diberi kesempatan untuk berkontribusi pemikiran sebagai upaya membangun masyarakat dari sisi ekonomi dan sosial melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Upaya civitas Unimed melalui kegiatan pengabdian sebagai wujud keprihatinan kita melihat ketertinggalan UMKM dalam menghadapi persaingan global yang sudah kita rasakan. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dosen-dosen Unimed pastinya akan bermanfaat bagi masyarakat, dan hari ini kita melaksanakan seminar nasional untuk mendesiminasikan hasil tersebut dengan harapan dapat kita tingkatkan lebih baik lagi di tahun depan. Sesuai komitmen pak rektor, Unimed harus terus memberikan kontribusi yang nyata agar kehadiran Unimed dapat dirasakan kebermanfaatannya di masyarakat. Kami akan dorong semua dosen Unimed untuk membantu masyarakat dalam mengentaskan taraf hidup yang lebih layak dan bahagia. Terbukti telah banyak yang dilakukan dosen-dosen Unimed melalui LPM dengan memberikan pelatihan-pelatihan langsung kemasyarakat dan memberikan bantuan alat-alat nyata sebagai pendorong masyarakat untuk hidup lebih sejahtera.

Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc, dalam paparannya mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM akan terus menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan berbagai program-program yang dibutuhkan masyarakat, terkhusus memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk mau berwirausaha mandiri. Dengan menggandeng perguruan tinggi, kami tidak takut gagal dalam menjalankan program, karena di kampus itulan gudangnya ilmuwan dan profesional. Unimed kami kenal cukup produktif dalam membantu masyarakat keluar dari kemiskinan, karena kami lihat banyak sekali dosen-dosen Unimed yang menang hibah nasional dengan tujuan melatih dan membantu masyarakat langsung dalam mengembangkan UMKM yang ada dimasyarakat.

Dr. M. Dimyati, MSc, juga mengatakan hal yang sama, yakni Unimed untuk wilayah diluar pulau jawa telah menjadi PTN yang sangat produktif dalam memenangkan hibah-hibah nasional bidang pengabdian masyarakat. Data ini menjelaskan bahwa kampus Unimed telah berhasil menghantarkan dosen-dosennya untuk terus peduli terhadap peningkatan tarap hidup ekonomi masyarakat. Kami di Kemenristekdikti akan dorong terus agar para dosen Unimed bisa terus produktif dan berhasil memberikan hal terbaik bagi kesejahteraan hidup masyarakat luar dan memajukan UMKM yang ada dimasyarakat. (Humas Unimed).