PENGUMUMAN
PEngabdian

LPM UNIMED Latih Guru-Guru Deli Serdang Manfaatkan Teknologi Informasi

DELI SERDANG – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan mengajak guru-guru di Kecamatan Patumbak khususnya guru di SD PAB 22 dan SD PAB 23 untuk memanfaatkan teknologi informasi berbasis IT dalam proses pembuatan media  pembelajaran, sehingga pembelajaran tersebut lebih menarik dan tidak monoton.

Menyikapi kondisi tersebut, maka ketua pelaksana Tim LPM Unimed, Dr.Irwandy, M.Pd didampingi anggota Tim Dr. Evy Eviyanti, M.Pd dan Nurilam Harianja, M.Hum pada (12/7) mengungkapkan, untuk mengatasi masalah dalam pembuatan media pembelajaran berbasis IT dibutuhkan keterampilan guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa.

Penggunaan komputer dalam pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran secara individual (individual learning) dengan menumbuhkan kemandirian dalam proses belajar, sehingga peserta didik akan mengalami proses yang jauh lebih bermakna dibandingkan pembelajaran konvensional. Ungkap dosen Bahasa Prancis tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMP PAB Patumbak diikuti oleh 37 orang guru SD PAB 22 dan 23 mengambil tema “ Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IT) dalam peningkatan kompetensi padagogik Guru SD” pelaksanaan kegiatan ini menitik beratkan kepada pembuatan power point sebagai media pembelajaran (memasukkan gambar,Hyperlink), cara mengunduh contoh slide power point di web. Luaran dari kegiatan ini adalah media pembelajaran berbentuk video yang nantinya akan dipakai guru dalam proses pembelajaran dikelas.

Ditempat terpisah Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME, mengatakan tahun depan akan mendorong dosen-dosen Unimed untuk terus berbuat yang terbaik untuk kemajuan ekonomi masyarakat. Kegiatan LPM kita akan arahkan untuk merealisasikan visi Unimed dalam hal reyasa industri dengan mendorong para dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat yang tujuannya membantu meningkatkan taraf hidup menuju sejahtera. Semoga Unimed terus bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Utara dalam menciptakan hidup sukses dan bahagia.

Kepala Sekolah SD PAB 22 dan 23 mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh LPM Unimed. Guru-guru sangat senang dengan pelatihan yang dilakukan oleh dosen unimed,sehingga kegiatan ini lebih humanis dan jauh dari kesan formal. Kedepannya diharapkan lebih banyak lagi dilakukan kegiatan pendampingan dan pengabdian sejenis di sekolah di kawasan patumbak ini. (Humas Unimed).