PENGUMUMAN
Mahasiswa Asing 2017

Mahasiswa Asing Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia di UNIMED

MEDAN (Unimed) – Mahasiswa dari tujuh negara, yakni Spanyol, Swedia, Polandia, Republik Ceko, Maroko, Korea Selatan, dan Vietnam akan belajar Bahasa Indonesia dan budaya di Universitas Negeri Medan (Unimed). Mereka akan belajar selama satu tahun kedepan. Kepastian itu diketahui saat mahasiswa tersebut disambut oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd beserta Wakil Rektor di Ruang Rapat Rektor, Selasa (5/9).

Ketujuh mahasiswa dari tujuh negara tersebut, yakni; 1) Petra Delezelova dari Republik Ceko, 2) Aymane Elmbarki dari Maroko, 3) Damian Viotr Szlingiert dari Polandia, 4) So Mang Kim dari Korea , 5) Maria Fernandez dari Spanyol, 6) Victor Simon J.B. Svensson dari Swedia, dan 7) Trang Thu Nguyen dari Vietnam.

“Mereka merupakan mahasiswa yang mengikuti program Darmasiswa Scholarship tahun 2017/2018 di kampus kita,” ungkap Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D

“Mahasiswa ini akan belajar intensif satu semester untuk Bahasa Indonesia, kemudian satu semester lagi akan ikuti proses belajar mengajar di kelas membaur dengan mahasiswa kita. Kita juga akan mengenalkan budaya Sumatera Utara dengan cara studi tour nantinya.” tambah Prof Manihar.

Sementara itu,  Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengapresiasi kehadiran mahasiswa luar negeri tersebut. Unimed, menurut Prof Syawal, siap untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat, termasuk mahasiswa asal luar negeri.

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik. Jika ada kendala dalam studi dan dimasyarakat, silakan langsung menghubungi Kantor Wakil Rektor IV,” kita akan membantu secara maksimal, agar mahasiswa asing ini dapat mudah mencapai tujuan dari belajar di kampus hijau Unimed yakni bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan dapat wawasan tentang budaya Indonesia. papar Prof Syawal.

Rektor juga mengatakan, keberadaan mahasiswa asal luar negeri merupakan salah satu bukti Unimed diterima secara internasional. Ini merupakan salah satu langkah Unimed menuju world class university. Mudahan-mudahan mereka bisa nyaman dan senang selama belajar di Unimed.

Petra Dolezelova mengakui sangat menikmati pelayanan yang diberikan oleh Unimed sejak tiga hari keberadaan mereka di Kota Medan. “we got good service,” katanya. Minat kami belajar di Unimed ini yaitu ingin belajar bahasa Indonesia dan budaya Sumatera Utara. Kami terkesan selama di kampus Unimed, orang-orangnya ramah, sopan dan bersahabat kepada kami walau kami orang asing. Semoga kami dapat sukses belajar bahasa Indonesia dan budaya yang ada di Sumatera Utara. (Humas Unimed).