PENGUMUMAN
Mahasiswa Asing Unimed

Mahasiswa Asing Belajar Di UNIMED

Medan – Unimed yang memiliki program unggulan menuju world class university secara perlahan akan mudah diwujudkan, karena beberapa unsur telah tercapai. Salah satunya adalah terdapat setiap tahunnya sejumlah mahasiswa asing yang aktif kuliah di Unimed. Hal ini sebagai bukti bahwa Unimed secara internasional telah dikenal dan diakui dengan adanya mahasiswa asing dari beberapa negara eropa, afrika dan asia yang kuliah belajar di kampus hijau Unimed.

Adapun nama mahasiswa asing yang belajar di Unimed pada program Darmasiswa 2015/2016 yaitu : a) Tarada Takuya dari Jepang, b) Dalapona Kanthon dari Laos, c) Klim Irkhin dari Rusia, d) Sarboz Masulmongulov dari Tijikistan, e) Jinawatr Chaiwan Icha dari Thailand, f) Hoang Chi Phuong dari Vietnam, g) Tran Doan Ngoc Diem dari Vietnam.

Mahasiswa asing program darmasiswa ini mendapatkan pembimbingan aktif selama 1 bulan dengan materi Membaca dengan instruktur Drs. Willem Saragih, M.Pd, materi Menulis dengan instruktur Johannes Jefria Gultom, S.Pd. M.Hum, materi Menyimak dengan instruktur Nora Ronita Dewi, S.S. M.Hum, dan materi Berbicara dengan instruktur Maya Oktora, S.Pd. M.Hum. Setelah mereka dinyatakan mampu, maka mereka akan mengikuti kuliah bersama mahasiswa reguler di kelas pada program studi yang mereka pilih.

Salah satu mahasiswa asing asal Rusia Klim Irkhin mengungkapkan kesan selama belajar di kampus Unimed mengatakan bahwa kami senang dan bahagia atas sambutan dan pelayanan dari civitas Unimed selama belajar di sini. Minat kami belajar di Unimed ini yaitu ingin belajar bahasa Indonesia dan budaya Sumatera Utara. Kami terkesan selama di kampus Unimed, orang-orangnya ramah, sopan dan bersahabat kepada kami walau kami orang asing. Semoga kami dapat sukses belajar bahasa Indonesia dan budaya yang ada di Sumatera Utara.

Sedangkan mahasiswa asing yang kuliah reguler di Unimed yaitu :  Mahasiswa asal Malaysia ; a) Prodi Bimbingan Konseling berjumlah 26 orang, b) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berjumlah 1 orang, c) Prodi PAUD 3 orang, d) Prodi Pendidikan Jasmani, Keolahragaan dan Rekreasi 5 orang. Mahasiswa asing asal Jaman : Prodi Manajemen berjumlah 1 orang.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, berkomentar dengan keberadaan mahasiswa asing yang belajar di kampus Unimed yang tercinta ini, pastinya Unimed akan terdorong dan terus berbuat yang terbaik untuk melakukan perbaikan demi kemajuan kampus Unimed menjadi universitas berkelas dunia. Kita akan tingkatkan kualitas kompetensi SDM dosen, layanan akademik yang terbaik dan mencukupkan fasilitas yang mendukung terlaksana dan terbangunnya budaya akademik yang baik. Semoga mahasiswa asing dapat merasa nyaman belajar di kampus Unimed, serta mereka bisa dengan mudah berbaur dengan mahasiswa lain dan juga memahami budaya Sumatera Utara.  (Humas Unimed).