PENGUMUMAN
PPLT 2016

Mahasiswa Berkinerja Terbaik PPLT UNIMED Tahun 2016

Medan (Unimed) – Unit PPL Universitas Negeri Medan setelah melalui proses seleksi yang panjang, pada Jumat, 8 Desember 2016 mengumumkan Mahasiswa Peserta Seleksi Akhir Kinerja Terbaik Pasca PPLT Unimed Tahun 2016. Pengumuman tersebut dilaksanakan di Aula Kantor UPPL Unimed. Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Kepala UPPL Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, Sekretaris Dr. Irsan Rangkuti, M.Pd, Ketua Tim Penilai Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S, Ikut hadir para dosen DPL dari masing-masing daerah lokasi penempatan mahasiswa PPLT.

Dewan Juri dalam pemilihan mahasiswa berkinerja terbail PPLT ini yakni : 1) Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, 2) Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S, 3) Prof. Dr. Motlan, M.Sc. Ph.D, 4)  Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. 5). Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, dan Dr. Irsan Rangkuti, M.Si.

Adapun nama mahasiswa yang dinyatakan berkinerja terbaik pasca PPLT Unimed Tahun 2016 setelah melalui proses microteaching adalah : Juara I ; Mariani, Mahasiswa Prodi PPKn FIS, dengan dosen DPL Pargaulan Gabriel Siahaan, SH, M.Hum. Juara II ; Agung Adiska Pratama, Mahasiswa Prodi Pendidikan Tataniaga FE, dan Juara III ; Akhyani Nasution, Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA. Sedangkan untuk Juara Harapan I ; Lamhot J. Sitanggang, Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin FT, Juara Harapan II ; Zuraidah, Mahasiswa Prodi PJKR FIK, dan Juara Harapan III ; Salsabila Hasiana Tanjung, Mahasiswa Prodi PAUD FIP.

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, mengatakan, kegiatan pemilihan mahasiswa yang berkinerja baik dalam pelaksanaan pasca PPLT Unimed ini merupakan satu upaya mendorong para mahasiswa untuk mempersiapkan dan melakukan PPLT yang terbaik. Sehingga kehadiran mahasiwa Unimed melaksanakan PPLT di sekolah penempatan dapat menjadi guru model. Selain itu, kehadiran mahasiswa Unimed akan membantu para guru dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif. Kita akan jadikan Unimed sebagai universitas LPTK yang harus menjadi acuan bagi daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dalam mengembangkan mutu pendidikan. Unimed dengan SDM yang kita miliki akan membantu daerah yang serius mengembangkan mutu dan memajukan pendidikan.

Sementara Kepala PPLT Unimed Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.Pd, mengatakan bahwa pemberian penghargaan dan hadiah ini dilakukan dilakukan untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa peserta PPLT. Penghargaan ini sudah dilakukan untuk setiap tahunnya bagi 6 orang mahasiswa (juara 1, 2, dan 3, harapan 1, 2, dan 3). Wujud penghargaan ini dilakukan dalam wujud uang tunai. Untuk para peserta 30 besar diberi unag pembuatan RPP. Dengan maksud supaya para mahasiswa kita ini termotivasi mengkreasi RPP dengan perangkat model-model pembelajaran, active learning, dan pendekatan scientific yang aktual sesuai dengan karakteristik materi yang akan disampaikan serta kurikulum nasional yang lagi dikembangkan sampai saat ini.

Proses pelaksanaanya dilakukan dengan berbagai tahap; dimulai tahap sekolah, Prodi, Fakultas dan Tingkat Universitas. Dari sekitar 4241 para mahasiswa yang mengikuti PPLT tahun 2016, untuk tingkat Prodi melalui sekolah yang menyebar di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, telah menghasilkan peserta 12 orang terbaik dari yang terbaik. (Humas Unimed).