PENGUMUMAN
PPKN Unimed

Mahasiswa PKn FIS Raih Juara 2 Nasional Dialog Interaktif Di UM

MalangMahasiswa Jurusan PPKn FIS Unimed berhasil mengukir prestasi tingkat nasional pada kegiatan Pekan Kebangsaan yang digelar oleh Universitas Negeri Malang pada 25-26 Oktober 2016 di kampus tersebut. Mahasiswa PKn Unimed mengikuti dua kategori lomba di event tersebut yakni dialog interaktif kebangsaan dan lomba seni budaya lokal nusantara. Kompetisi ini diawali dari penyusunan karya tulis dan karya seni budaya nusantara yang kirimkan via email kepada panitia UM. Kemudian panitia menseleksi berkas yang masuk bersama dewan penilai profeseonal. Sementara Unimed masuk lima besar tim yang dipanggil untuk persentasi pada lomba dialog interaktif kebangsaan dan lomba seni budaya nusantara.

Pekan Kebangsaan yang digelar UM ini dinamakan trilogi kebangsaan, karena ada tiga kompetisi tingkat nasional yang dilakukan, yakni 1) dialog interaktif dengan tema “penguatan karakter mahasiswa untuk generasi emas Indonesia gemilang, 2) seni budaya lokal, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang budaya lokal yang memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai pancasila, dan 3) proyek kewarganegaraan.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia. Namun yang dapat panggilan nominasi untuk ikut babak final hanya ; UM, Unimed, IKIP PGRi Madiun, Univ. Muhammadiyah Ponorogo, UNNES, Univ. Kajuruhan Malang dan Univ. Ahmad Dahlan.

Tim PKn Unimed mengikuti dua lomba dengan kategori dialog interaktif dan seni budaya lokal. Dengan penuh kesyukuran, Unimed berhasil memperoleh juara 2 nasional dalam kategori dialog interaktif kebangsaan. Sedangkan kategori seni budaya lokal Tim Unimed berhasil memperoleh juara harapan I. Tim yang dibimbing oleh Bapak Drs. Halking, M.Si, ini yakni ; Nurhanim Manalu, Azamal Siagian, dan Usman Alhudawi, sebagai tim dialog interaktif, dan tim seni budaya yakni ; Nurhanim Manalu, Eka Astika Tarigan, Citra Racindy, Elizabeth Tampubolon, Khadijah Sari Lubis, Anggi Maulida Pohan, Tri Pertiwi Tarigan dan Ade Ulfa Amin.

Halking, selaku dosen pembimbing, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan pimpinan Unimed, sehingga saya dan mahasiswa PPKn bisa mengikuti event bagus yakni Pekan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh UM. Alhamdulilah dengan penuh kesungguhan tim mahasiswa, kita berhasil menorehkan prestasi sebagai juara 2 nasional bidang dialog interaktif dan juara harapan satu bidang seni budaya lokal. Prestasi ini merupakan buah dari kesungguhan dan komitmen tim mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini. Semoga prestasi ini dapat mendorong mahasiswa Unimed yang lainnya, agar jangan pernah menyerah dalam mengikuti berbagai event, atau jangan menyerah sebelum bertanding. Yakinkanlah diri kita bahwa mahasiswa Unimed itu penuh kreasi, inovasi dan bisa berprestasi dalam semua kompetisi. Bagi tim mahasiswa PKn yang telah berhasil mengukir prestasi, semoga mental juara terus terasa agar pada kompetisi lainnya nanti dapat lebih baik sebagai juara terbaik.

“Civitas FIS mengucapkan selamat atas prestasi mahasiswa PPKn yang telah membawa nama baik FIS Unimed ditingkat nasional. Prestasi ini merupakan bukti bahwa mahasiswa FIS penuh prestasi dan bisa bersaing dengan berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Ini juga merupakan bukti bahwa proses perkuliahan di FIS telah menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi baik dibidang ilmu yang digeluti. Sebagai pimpinan FIS kita akan terus melakukan berbagai upaya agar proses akademik terus efektif, layanan akademik terbaik, dan mendorong terbangunnya budaya akademik yang kondusif”, demikian ujar Dekan FIS, Dra. Nurmala Berutu, M.Pd.

Nurhanim Manalu, mengungkapkan rasa syukur dan harunya atas prestasi yang telah diraihnya bersama tim mahasiswa lain. Kami akan terus berusaha dengan penuh kesungguhan agar pada kompetisi lainnya bisa menunjukkan kita yang terbaik. Kita juga berharap agar prestasi ini dapat memicu semangat mahasiswa Unimed lainnya untuk terus berprestasi. Mari kita tunjukkan bahwa mahasiswa Unimed bisa, mampu menjadi yang terbaik di negeri ini. (Humas Unimed).