PENGUMUMAN
Pendidikan Karakter

Mahasiswa Unimed Gagas Pendidikan Karakter Untuk ASEAN

Thailand – Tiga orang mahasiswa Unimed (Ilham Pratama, Cucu Nistiya Ningrum, dan Putri Bestari Sornim) menggagas pendidikan karakter yang dapat diberlakukan di ASEAN. Gagasan tersebut mereka sampaikan pada forum ilmiah IMT-GT Varsity Carnival ke-18 di Rajamangala University of Technology Srivijaya, Songkhla, Thailand, 25 – 31 Juli 2016.

Pendidikan karakter yang mereka gagas dinamai CaBul (Character Building) Fun Learning. Tujuannya adalah untuk memperbaiki moral generasi muda di negara-negara khususnya kawasan ASEAN.

Dijumpai di acara IMT-GT Varsity Carnival 2016 Thailand, Cucu Nistya Ningrum mengungkapkan, CaBul Fun Learning merupakan media pembelajaran berbasis video yang berisi tentang cara bersikap dan berperilaku sesuai dengan moral baik yang berlaku di negara-negara ASEAN. Moral baik yang dimaksud adalah seperti menghormati orang lain, bersikap baik kepada yang lebih tua dan tidak melanggar aturan.

“Program ini bertujuan memberi pendidikan moral kepada masyarakat ASEAN karena kita lihat, nilai moral seperti menghormati orang lain, bersikap baik kepada yang lebih tua, sudah mulai ditinggalkan generasi muda. Lebih parah lagi banyak generasi muda memakai obat terlarang, tawuran dan pembunuhan”, kata Cucu.

Putri Bestari Sornim mengatakan, sistematika dari program yang mereka gagas adalah membuat beberapa video yang mengajarkan tentang kebaikan. Video tersebut kemudian disebarkan di internet, sekolah, dan berbagai organisasi pendidikan. “Ide ini juga terinspirasi dari video moral asal Thailand yang kini banyak dilihat masyarakat di internet, dan pastinya juga pendidikan karakter yang ada di Unimed”, katanya.

Sementara itu, Ilham Pratama mengungkapkan, kararakter yang ingin dibangun melalui video moral ini adalah karakter yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan Asia Tenggara.

“Kita ingin buat video yang menyentuh hati yang kemudian menggerakkan jiwa setiap orang yang melihatnya untuk mengikuti kebaikan yang ada di video tersebut”, kata Ilham.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd di tempat terpisah mengungkapkan dukungannya terhadap ide tersebut. “Program pendidikan karakter yang digagas mahasiswa ini sesuai dengan visi kita menjadi The Character Building University. Ini sesuai dengan yang kita terapkan di kampus”, katanya.

Lebih jauh Rektor mengingatkan bahwa karakter baik merupakan modal dasar bagi pembangunan. Itulah mengapa Unimed menerapkan Pendidikan Karakter untuk setiap lulusannya.

Rektor berharap nilai-nilai yang diajarkan dikampus dapat disampaikan ke masyarakat. Salah satu contoh dengan ide pembentukan Character Building Fun Learning untuk Masyarakat ASEAN yang terinspirasi dari Pendidikan Karakter di Unimed. (Humas Unimed)