PENGUMUMAN
Marching Band Unimed Juara

Marching Band UNIMED Juara Umum KEJURDA

Universitas Negeri Medan memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band yang bernama Widya Swara Bahana, yang berdiri sejak tahun 1995. UKM Marching Band Unimed pada tanggal 5-7 Desember 2014 mengikuti Lomba Kirab Marching Band dengan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Padang Sidempuan. Dengan syukur dan bangga Marching Band WSB (Widya Swara Bahana) Unimed meraih Juara Umum Kelas Logam Terbatas pada KEJURDA memperebutkan piala bergilir walikota Padang Sidempuan. Marching Band WSB Unimed meraih juara I pada mata lomba Display (unjuk Gelar), Juara I lomba Kirab, Juara I lomba Drum Battle. Sehingga prediket juara umum berhasil diraih dan berhak mempertahankan piala bergilir hingga tahun 2015 yang akan darang. Kejuaraan ini diperlombakan setiap tahunnya, sehingga piala bergilir akan diserahkan kepada setiap pemenang juara umum untuk setiap tahunnya.

Marching Band WBS Unimed sebelumnnya mempersiapkan tim satu bulan sebelum mengikuti Kejurda dengan 3 kali latihan setiap minggu, yakni selasa, kamis dan sabtu pada pukul 16.00-18.00 WIB. Hanya satu minggu sebelum pertandingan dilakukan latihan secara intensif setiap hari. Marching Band WBS Unimed turun dengan kekuatan 70 peserta dan 13 official. Sebagai ketua tim official adalah Saudara Borbor mahasiswa Prodi Matematika Unimed.

Sementara ketua UKM Marching Band WSB Unimed, Saudara Wahyudi mahasiswa Prodi Pendidikan Musik FBS Unimed sebagai penanggung jawab UKM, juga ikut sebagai pemain HORn yakni trumpet, sehingga harus super aktif memonitoring tim dan pemain. Sedangkan pembina Marching Band WBS adalah Ahmad Bengar Harahap, S.Pd. M.Hum dan Panji Suroso, S.Pd. M.Si yakni dosen FBS Unimed.

Marching Band WBS Unimed sudah lama memang tidak mengikuti kejuaraan. Terahir sebagai juara umum Marching Band Se-SUMBAGUT (Sumatera Bagian Utara) pada tahun 2003. Ketidak aktifan beberapa tahun sebelum ini diakibatkan pengkaderan dan masalah alat-alat instrumen Marching Band yang sudah tidak layak pakai. Pada Kejurda Marching Band di Padang Sidempuan ini, sudah direncakana sejak awal semester tahun ajaran 2014-2015 kerjasama dengan para alumni Marching Band yang diakomidir Pembina Teknis, Ahmad Bengar Hrp, M. Hum, yang juga sebagai alumni pendiri awal Marching Band pada tahun 1995 semasa PR3 bapak Drs. Salam Sembiring.

Layaknya bangkit dari kefakuman belasan tahun, kali ini atas dukungan bapak Rektor Unimed, bapak Wakil Rektor II, para pembina dan alumni Marching Band Unimed yang tersebar di Sumut, akhirnya piala bergilir ini bisa diraih. Momen ini akan menjadi sebuah awal bagi UKM MB Unimed untuk bangkit kembali mengkader dan membina mahasiwa dalam berlatih MB untuk selanjutnya akan mencoba ajang kejuaraan MB Nasional seperti Kejurnas DCI Jakarta dan HB CUp di Jogjakarta, Kejurnas Langgam di Bali. Namun semua ini tidak lepas harus didukung oleh pihak Rektorat sebagai bentuk pembinaan rutin UKM, dan Pengadaan alat-alat yang baru, karena alat-alat yang dipakai pada kejurda ini lebih banyak menyewa dari unit lain. Namun berkat kesiapan pengurus dan mahasiswa yang terlibat di UKM MB WSB Unimed akhirnya usaha ini behasil dengan baik.

Terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah membantu, pihak rektorat, para pembina, penasehat dan para alumni MB WBS. semoga Allah SWT memberkahi agar MB UNIMED bisa jaya kembali. Seluruh civitas akademika Unimed mengucapkan Goodluck kepada Marching Band WBS Unimed, semoga dapat terus berprestasi. (Humas Unimed).