PENGUMUMAN
FBS Expo

Melihat Karya Berkualitas “6 Tugas” Mahasiswa FBS

MEDAN (Unimed) – Pelataran parkir Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unimed disesaki pengunjung. Mereka ingin melihat secara langsung berbagai hasil karya mahasiswa yang dipamerkan di stand-stand yang berjejer  sepanjang arena pameran FBS Expo 2017. Acara yang digelar dari 27 – 28 november 2017 ini menampilkan berbagai  produk berkualitas hasil perkuliahan mahasiswa selama satu semester. Model pengajaran dalam perkuliahan di Unimed menggunakan 6 model penugasan, salah satunya adalah mahasiswa harus mampu membuat sebuah project. Hasil dari project tersebut yang ditampilkan pada kegiatan ini.

Memasuki arena Expo, pengunjung disuguhkan desain pattern berbahan kayu. Dipamerkan pula berbagai desain produk dan karya lukis. Di stand berikutnya, ada berbagai media pembelajaran, drama dan film pendek karya mahasiswa. Di stand seni musik, ditampilkan video cerita rakyat yang musiknya di-aransemen mahasiswa. Di stand bahasa dipamerkan berbagai karya tulis yang siap untuk dibukukan. Di tengah arena pameran berdiri panggung sebagai tempat performance seni dan drama musikal.

FBS Expo 2

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom M.Pd menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan acara ini bertujuan untuk memacu daya kreativitas mahasiswa serta menghasilkan sebuah produk dari hasil 6 jenis penugasan yang diberikan. “Saya juga berharap agar kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak dekanat dan jurusan FBS ini dilaksanakan lagi di tahun depan, agar dapat lebih memacu semangat mahasiswa dalam menghasilkan karya untuk mengahadapi persaingan internasional”, ujar Rektor ketika membuka acara ini Senin (27/11).

Lanjutnya, puncak perkuliahan adalah menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. “Makanya tidak bisa kuliah disini tanpa berkarya. Karena setelah tamat nanti yang ditanya adalah apa karyanya. Ini sebagai sinergi jika memasuki dunia kerja”, ungkap mantan Kepala BPSDMPK-PMP Kemendikbud ini.

“Kegiatan expo ini menjadi sangat istimewa karena seluruh fakultas melaksanakan KKNI, tetapi Expo ini pertama kali dilaksanakan di FBS Unimed. Ini luar biasa, semua prodi di FBS melakukan pameran”, pungkas Prof Syawal.

Sementara itu, Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum mengungkapkan, dengan kapasitas yang sangat terbatas FBS Unimed menggelar acara ini. FBS juga menggandeng Subdit Seni Rupa Kemendikbud untuk mensukseskan acara.

“Semua prodi di FBS ikut dalam FBS Expo ini. Kita juga melibatkan FT, dimana konsumsi acara ini dibuat oleh Prodi Tata Boga FT. Kita juga mengajak FMIPA. Nanti bisa dilihat standnya. Selain itu, mengundang Marinir untuk membina mahasiswa dalam hal bela negara. Di sebelah kiri nanti kita saksikan pameran TNI AL,” katanya.

Kasubdit Seni Rupa Kemendikbud Drs. Pustanto, MM mengungkapkan, kampus merupakan tempat menciptakan kader SDM. “Harapan kita, agar  SDM di kampus ini dapat terampil dan berkarakter. Ini adalah cara yang bagus untuk membina SDM,” katanya.

Di akhir pameran tersebut akan dipilih stand terbaik. Bertindak sebagai juri Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd dan Dekan seluruh fakultas. (Humas Unimed)