PENGUMUMAN
Andaliman Alogo Go

Mobil Listrik Karya Mahasiswa FT UNIMED Menarik Perhatian Peserta Upacara HARKITNAS

MEDAN – Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang digelar oleh Civitas Unimed pada senin, 22 Mei 2017 terasa lain dari upacara-upacara yang sering dilaksanakan oleh Unimed, karena setelah upacara selesai dilaksanakan ditampilkan karya fenomenal Mobil Listrik “ANDALIMAN” karya mahasiswa Teknik Mesin FT Unimed. Mobil Listrik “Andaliman” karya perdana mahasiswa FT Unimed ini merupakan buah karya mahasiswa yang telah dirancang selama satu semester oleh kominitas mahasiswa FT Unimed. Mobil listrik “Andaliman” memiliki berat ± 120 kg yang diperioritaskan akan mengikuti kompetisi mobil listrik tahun 2017 yang akan digelar di ITS Surabaya pada akhir tahun 2017. Komunitas mahasiswa Teknik Mesin yang berhasil merancang mobil listrik ini akan terus melakukan perbaikan agar mendekati sempurna, sehingga kemungkinan juara di kompetisi di atas bisa lebih besar.

Setelah upacara Harkitnas usai, mobil listrik “Andaliman” di uji coba kan oleh mahasiswa pencipta mobil ini dengan mengelilingi beberapa kali barisan demi barisan peserta upacara Harkitnas. Terlihat seluruh peserta upacara menyaksikan dengan serius jalannya mobil tersebut, bahkan peserta terlihat riuh bertepuk tangan dan merasa salut dan bangga atas karya yang pertama mahasiswa FT Unimed. Semoga akan lahir mobil-mobil listrik yang terbaru dan bisa menjadi juara di kompetisi mobil listrik nasional dan internasional.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional dilaksanakan dengan hikmat dan sukses. Sebagai panitia adalah civitas Fakultas Teknik Unimed. Dalam upacara tersebut ditampilkan beberapa atrakti selain mobil listrik, yaitu tarian kolosal tim drumband Unimed dan paduan suara Unimed. Hadir pada upacara tersebut, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Guru Besar, Wakil Dekan, seluruh dosen dan mahasiswa Unimed.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam arahannya menerangkan, mobil listrik “Andaliman” ini akan ikut berlaga di ITS Surabaya di kompetisi mobil listrik nasional. Ini merupakan karya perdana mahasiswa FT Unimed, dan kita berharap waktu yang ada menunggu kompetisi tersebut berlangsung saya berharap tim komunitas mahasiswa Teknik Mesin FT Unimed bisa meriview kembali agar lebih sempurna. Sehingga prestasi membanggakan akan kita peroleh nantinya. Kita memang dalam hal mobil listrik dan robotik karya mahasiswa masih tertinggal dari universitas lain, seperti UNY, UPI dan UM. Tapi jika para dosen FT memiliki kemauan dan mahasiswa juga memiliki semangat kita pasti bisa, karena alat laboratorium kita cukup refresentatif.

“Kita dalam mengembangkan mobil listrik dan robotik dengan tangan terbuka membuka kerjasama bagi pihak-pihak yang ingin menjadi sponsor untuk pengembangannya. Diharapkan dengan pengembangan-pengembangan ini nanti bisa meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” lanjut Prof. Syawal.

Civitas Unimed sangat mengapresiasi buah karya mobil listrik yang telah dihasilkan oleh mahasiswa FT Unimed. Semoga akan banyak mahasiswa Unimed yang bisa berkarya dan berinovasi untuk kemajuan Unimed menjadi world class university. (Humas Unimed).