PENGUMUMAN
MoU Tanjung Balai

MoU Dengan UNIMED, Tanjung Balai Serius Tingkatkan Mutu Pendidikan

Tanjung Balai – Ribuan guru dari berbagai sekolah dan tingkat pendidikan  SD/SMP/MTs/SMA/SMK/MAN dan sederajat di kota Tanjung Balai mengikuti seminar pendidikan di Gedung Serbaguna dan Olahraga, Tanjung Balai pada Kamis, 27 Oktober 2016. Seminar tersebut mengangkat tema “strategi mengembangkan profesionalisme guru untuk pendidikan yang bermutu”. Seminar dibawakan oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. memukau semua guru yang hadir. Mereka menyimak dengan hikmat dan antusias dalam melakukan diskusi tanya jawab.

Pada seminar sehari tersebut, Prof.  Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan, upaya peningkatan mutu pendidikan mulai dari sekolah, karena dari sekolah pendidikan berlangsung. Guru sebagai profesi yang mulia haruslah profesional, berintegritas dalam mengajar, guru mesti mengutamakan keberhasilan siswanya. Meningkatkan kualitas guru akan melahirkan generasi yang berkualitas pula. Guru diharapkan lebih mengutamakan perbaikan moral dan perilaku daripada pengetahuan. Karena tanpa penguatan moral dan sikap yang baik, pengetahuan tidak akan berdampak baik dan berguna bagi orang banyak. Setiap guru harusnya memberikan inspirasi kepada siswanya, setiap mata pelajaran dapat memberikan nilai-nilai luhur yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

Seminar Pendidikan Tanjung Balai

Turut hadir Wakil Walikota Tanjung Balai, Drs. H. Ismail, Kadis Pendidikan Tetty Juliani Siregar, ST, MT. beserta jajaran dinas pendidikan. Kemudian Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Dekan FIP Dr. Nasrun, MS., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd., Dekan FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd., dan staf Ahli Wakil Rektor  IV.

Sebelumnya acara seminar tersebut diawali dengan penandatanganan MoU oleh Wakil Wakil Walikota Tanjung Balai dengan Rektor Unimed. Pemko Tanjung Balai dan Unimed melakukan MoU ini dengan tujuan meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota Drs. H. Ismail, pada sambutannya beliau mengatakan Kami percaya bahwa Unimed sebagai perguruan tinggi negeri pencetak guru dapat membantu dan mengembangkan potensi guru-gur yang ada di Tanjung Balai menjadi lebih baik.  Kami berharap kerjasama ini berlanjut pada kegiatan-kegiatan teknis di lapangan, seperti peningkatan mutu pendidikan di sekolah, peningkatan kualitas guru dan memberikan masukan kepada Dinas Pendidikan Tanjung Balai dalam meningkatkan pendidikan.

Kadis Pendidikan Kota Tanjung Balai, Tetty Juliani Siregar, ST., MT, sebagai ketua panitia mengatakan seminar sehari dalam pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Tanjung Balai merupakan salah satu motivasi bagi kita untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar kompetensi di Tanjung Balai. Guru memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik. Sehingga menjadi determinasi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. (Humas Unimed).