PENGUMUMAN
MTQ FIS

MTQ & MKQ Mahasiswa FIS, Makin Inovatif

Medan- Fakultas Ilmu Sosial Unimed gelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqoh Khatil Quran (MKQ) yang diikuti dari 151 mahasiswa dari berbagai jurusan dilingkungan FIS Unimed. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 12 April 2017 di Gedung FIS Lt 3 Unimed mengangkat tema : “Upaya melestarikan khajanah budaya islam dalam membangun generasi Al-Quran yang pastisipatif, dan bermartabat menuju Indonesia berkualitas”. Pelaksanaan MTQ dan MKQ ini dibuka oleh Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Turut hadir Wakil Dekan II Dra. Flores Tanjung, M.A, Wakil Dekan III Drs. Waston Malau, M.SP, serta Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, dan Kepala Laboratorium dilingkunganFIS Unimed.

Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, kegiatan MTQ dan MKQ ini merupakan ajang pengembangan diri dan prestasi. Kita harus mengucapakan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat melaksanakan kegiatan rutin, kegiatan ini kita harapkan tidaklah menjadi kegiatan rutin tahunan yang tidak berbekas bagi civitas FIS. Saya berharap ada nilai yang berbekas pada kita bersama, terutama nilai-nilai kebaikan yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga akan terbentuk karakter kepribadian yang terrealisasikan dalam aktivitas akademik di FIS Unimed. Melalui kegiatan ini, kafilan FIS nantinya dapat mengukir prestasi hingga tingkat nasional pada even MTQ nasional di Malang. Ini adalah bagian dari pembinaan bakat dan minat.

Lanjut Nurmala, Semoga peserta yang menang nanti menjadi cerminan yang baik dalam kehidupan, baik dalam kampus maupun di luar kampus nilai-nilai yang dimiliki dan nilai-nilai yang ditanamkan, melalui kegiatan keagamaan yang seperti ini tidak hanya sekedar nampak di dalam lahir saja, tetapi bagaimana itu bisa menjadi karakter yang bisa membangun diri sehingga bisa menjadi contoh, dan suri tauladan di dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu kita harapkan melalui kegiatan ini mudah-mudahan, nilai-nilai Al-Quran ini yang ada bisa menjadi amal baik  yang kita tunjukkan di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kegiatan MTQ dan MKQ ini diharapkan dapat menjadi usaha kita agar mahasiswa khususnya yang beragama muslim dilingkungan FIS Unimed dapat lebih mencintai Al-Qur’an dan dapat mengamalkan, serta merealisasikan nilai-nilai yang terkandungnya kedalam bentuk nyata di kegiatan akademik di kampus. Di samping itu, saya berharap kegiatan ini berdampak pada dimensi sosial, dimana dapat memperkuat moral pembangunan karakter civitas akademika di lingkungan FIS Unimed. Apalagi Unimed mengangkat jargon sebagai kampus pembentuk karakter guna membentuk generasi ilmuwan muda yang berdedikasi dan berkarakter mulia. Tentunya hal ini akan mewujudkan harmonisasi sosial yang sejuk dan menumbuh kembangkan kegiatan-kegiatan  keagamaan secara serasi, selaras dan seimbang untuk menciptakan budaya akademik yang menyamankan civitas FIS Unimed dalam berbagai kegiatan akademi, tutup beliau.

Jenis perlombaan yang digelar adalah ; MTQ putra/putri, Tartil putra/putri, hifzil 1 juz putra/putri, kaligrafi alaskah putra/putri, kaligrafi hiasan putra/putri, kaligrafi dekorasi putra/putri. Bertindak sebagai dewan Juri dalam lomba MTQ adalah dosen-dosen agama islam dilingkungan Unimed, diantaranya adalah Drs. Manaon Batubara, MA, dan Dr. Ramli Nur, MA, Drs. Ramli, MA, dan Dr. Husnel Anwar Matondang, M.Ag. (Humas Unimed).